ADV2

Bupati Sematkan Mahkota Bogani In Totabuan Kepala Kapolda Sulut

Bagikan Artikel Ini:
Bupati Bolmong saat menyamatkan mahkota Bogani In Totabuan kepada Kapolda Sulut

Bupati Bolmong saat menyamatkan mahkota Bogani In Totabuan kepada Kapolda Sulut

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG –Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Hi Salihi Mokodongan menyematkan mahkota pemberian gelar adat Bogani In Totabuan kepada Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH. Dengan sejumlah rangkaian prosesi adat di halaman kantor Bupati Bolmong, Kamis (28/04/2016) kemarin.

Kedatangan Pria yang belum lama ini dinobatkan sebagai Kapolda terbaik se Indonesia ini. Di dampingi para petinggi Polda Sulut dan disambut langsung oleh Bupati Salihi Mokodongan, Wakil Bupati Yanni Tuuk serta para tokoh adat di Bolmong.

Tak sampai di situ saja setelah memulai, sejumlah prosesi adat, dan berdasarkan keputusan Dewan Adat dari 5 kabupaten yang ada di Bolmong Raya, Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan di percayakan mewakili semua Kepala daerah untuk meyematkan mahkota adat, selempang adat, pedang adat, dan piagam kepada Bogani In Totabuan Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung.

Dalam sambutanya, Ketua Panitia Penganugerahan Adat yang juga Sekertaris Amabom Mulyadi Mokodompit menyampaikan, di pilihnya Kapolda Sulut sebagai penerima gelar adat karena dianggap telah banyak berbuat sehingga Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara khususnya Bolmong raya dalam situasi dan kondisi aman dan kondusif.
“Itu sudah Berdasarkan hasil keputusan rapat Dewan Adat Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow (AMABOM) se Bolmong Raya. melalui 2 kali proses persidangan,” kata Mokodompit.

Menurutnya ada beberapa kriteria sehingga Kapolda Sulut layak dipilih untuk menerima penghargaan ini, yaitu usulan dari masyarakat Bolmong, usulan dari institusi yang bersangkutan yaitu Polri, dan melalui pertimbangan Dewan Adat Masyarakat Bolmong. “Bogani In Totabuan wajib memperjuangkan aspirasi masyarakat Bolmong dan bisa memberikan kritik dan saran demi kemajuan Bolmong,” ujar.

Sementara Bupati Bolmong Salihi B Mokodongan SH berkata kunjungan kali ini sangat berharga dan sebagai silahturami antara Polri bersama Pemkab dengan para tokoh adat Bolmong.  “Semoga kunjungan kerja dapat mempererat hubungan antara Pemkab Bolmong bersama para tokoh adat Bolmong dengan Polri melalui pemberian gelar adat buat Kapolda,” ucap Salihi. (supandri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.