Destinasi Wisata Siap Dibuka Kembali, Masyarakat Diminta Bersabar

Bagikan Artikel Ini:
Destinasi Wisata Bersiap Dibuka Kembali, Masyarakat Diminta Bersabar

Pantai Pasir Putih Maelang, Desa Pasir Putih

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Destinasi wisata di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sedang disiapkan untuk kembali dibuka jelang new normal, Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) meminta masyarakat untuk bersabar.

“Berdasarkan rapat hari ini, baru akan dibuat kajian analisis, untuk persiapan pembukaan kembali DTW (Destinasi Tempat Wisata, RED.) Fase I di Bolmong,” ungkap Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Pemkab Bolmong, Alfina Sumenda, mewakili Kepala Dinas, Ulfa Paputungan, Rabu (10/06/2020), di Lolak.

Menurut Alfina, kajian analisis tersebut sangat penting sebagai landasan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk masuk ke tempat wisata, demi pencegahan penyebaran COVID-19.

“Selain itu juga kan objek wisata juga memerlukan tahapan sebelum dibuka, seperti untuk pembersihan, pemeliharaan, perbaikan kembali fasilitas yang rusak selama masa stay at home dan perampungan,” ucap Alfina.

Dijelaskan Alfina, pada DTW fase I akan fokus terlebih dahulu untuk pembersihan di dua objek wisata yang dikelola oleh pihaknya, yakni Kawasan Wisata Pemandian Aiir Panas di Desa Bakan dan Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Maelang di Desa Pasir Putih.

“Tahapan kebersihan DTW rencananya akan dilaksanakan mulai besok hari, baik di Air Panas Bakan dan Pasir Putih,” ujar Alfina.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemkab Bolmong, Rina Mahune menambahkan, pihaknya juga akan menyurat ke Desa-desa DTM yang dikelola Pemerintah Desa atau pun pribadi, terkait pembukaan DTW sebagaimana aturan protokol kesehatan.

“Hari Senin, 15 Juni 2020 mendatang, tim akan turun meninjau lokasi wisata yang ada di Bolmong dalam persiapan rencana pembukaan DTW Fase I,” kata Rina.

Sementara, lanjut Rina, waktu persiapan untuk rencana pembukaan DTW adalah selama 1 bulan.

“Terhitung mulai hari senin, 15 Juni 2020. Jadi masyarakat diminta untuk bersabar dulu sementara waktu,” demikian Rina. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.