Diskominfo Bolmong Bahas Master Plan Pengembangan E-Government

Bagikan Artikel Ini:
Seminar Laporan Antara Penyusunan Master Plan Pengembangan E-Government

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (25/07/2019) menggelar seminar antara guna membahas penyusunan Master Plan Pengembangan e-Government, yang notabene akan disinkronkan dengan proses pengembangan teknologi informasi kekinian.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat Dinas Kominfo Bolmong tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Bolmong Parman Ginano SPi. Dimana dalam penjelasannya, Parman mengatakan kalau e-government merupakan bagian dari proses pemanfaatan teknologi informasi, dalam rangka mengefiesensikan system pemerintahan yang ada. “ada dua hal prinsip dalam e-government yakni penggunaan teknologi informasi sebagai alat bantu, dan pemanfaatan teknologi informasi tersebut untuk memaksimalkan pelayanan pemerintahan ke masyarkat,” ucap Parman.

Parman menambahkan, keberadaan e-government sendiri merupakan bagian dari kebutuhan saat ini di tengah perkembangan teknologi informasi, dimana dengan e-government Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada pada sebuah sitem pemerintahan bisa bekerja lebih efektif dan juga tranparan. “Dengan demikian, hal tersebut akan ikut membangkitkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan daerah. Lebih dari itu, ini juga akan ikut meningkatkan inovasi pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakatnya,” jelasnya.

Namun demikian, Parman mengatakan pengelolaan teknologi informasi, memerlukan juga sebuah perencanaan strategis. “Sehingga pengembangan system pemerintahan, hingga pada pola investasi dapat berjalan sebagaimana tahapan yang telah diatur dalam regulasi,” tuturnya.

Pada kegiatan yang ikut dihadiri oleh sejumlah perwakilan OPD tersebut juga, konsultan dari PT Waditra selaku narasumber dan juga team leader, Abdullah Fajar SSi MSi, menambahkan kalau Frame Smart Government diperlukan dalam mendukung pengambilan dan pengolahan setiap kejadian, serta pertukaran dan analisis informasi diantara muka dan interoperabilitas, sebagai bagian dari upaya mendukung integrasi pada teknologi yang digunakan. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.