Hebat, Bupati Berhasil Perjuangkan TENAGA KERJA DAERAH di PT Conch

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati bersama Dirut PT Conch dan Ketua DPRD Bolmong saat meninjau lokasi pabrik PT Conch di Desa Solog Kecamatan Lolak

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Komitmen Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, untuk bisa memperjuangkan warganya agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, termasuk untuk dapat bekerja di PT Conch North Sulawesi yang saat ini sementara beroperasi di Kabupaten Bolmong, tepatnya di Desa Solog Kecamatan Lolak, akhirnya membuahkan hasil. Hal tersebut menyusul dengan pertemuan Bupati yang didampingi sejumlah Kepala SKPD, bersama dengan Direktur Utama PT Conch North Sulawesi Mr Zeng, Selasa (20/03/2018) kemarin. Dimana, dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak dalam hal ini Pemkab Bolmong dan PT Conch bersepakat tentang pembagian tenaga kerja tersebut. Dimana, Pemkab Bolmong dapat mengambil bagian untuk merekomendasikan tenaga kerja yang masuk ke perusahaan asal China tersebut. “Jadi masyarakat bisa mendaftar ke Disnakertrans selanjutnya akan diseleksi. Setelah itu, Pemkab akan merekomendasikan tenaga kerja yang akan dipekerjakan di PT Conch, tentunya diprioritaskan tenaga kerja lokal,” ucap Bupati.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Pemkab juga memperjuangkan hak tenaga kerja di PT Conch. Disepakati, untuk pekerja akan mendapatkan gaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) dan akan meningkat sesuai dengan kinerja dan loyalitas pekerja. “Nantinya para pekerja akan mendapatkan gaji pokok dan uang transport bagi yang tidak tinggal di mess dan uang makan bagi yang tinggal di mess,” terang Bupati.

Diketahui, untuk tahap pertama ini PT Conch membutuhkan sebanyak 600 tenaga kerja dan nantinya pada interval berikutnya sekira 2 tahun kemudian tenaga kerja akan ditambah menjadi 1.000-1.200 orang. “Jadi untuk menjadi tenaga kerja di PT Conch harus berdasarkan rekomendasi Pemkab Bolmong, dengan mengambil kartu AK-1 (antar kerja) atau kartu tanda pencari pekerjaan yang dikeluarkan Disnakertrans,” tegas Yasti. “Jadi jangan percaya jika ada oknum ataupun pihak lain menjanjikan akan memberikan pekerjaan di PT Conch,” tambah orang nomor satu di Kabupaten Bolmong tersebut.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut pihak perusahaan menyetujui kesepakatan tersebut. Direktur Utama Mr Zeng melalui Sujono yang sekaligus menjadi penerjemah, mengungkapkan persetujuannya mengakomodir para tenaga kerja Bolmong. “Pihak perusahaan menyetujui penerimaan tenaga kerja berdasarkan rekomendasi Pemkab. Apalagi pihak perusahaan akan mendapatkan keuntungan untuk menggunakan tenaga lokal dibanding luar daerah. Namun, untuk penerimaan tenaga lokal harus berdasarkan kriteria perusahaan, tentu kita akan memakai tenaga kerja jika bekerja baik dan loyal,” ungkap Sujono. (mg2/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.