Imbalu’ Bulan, Tradisi Masyarakat Bolmong Sambut Ramadan

Bagikan Artikel Ini:
Imbalu' Bulan, Tradisi Masyarakat Bolmong Sambut Ramadan

Warga desa Motabang dang sekitarnya saat melaksanakan prosesi Imbalu’ bulan

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Ada beragam tradisi unik dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Salah satunya adalah tradisi Imbalu’ bulan yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Bolmong, seperti di desa Motabang Kecamatan Lolak.

Imbalu’ bulan atau menyambut bulan yang dimaksudkan menyambut bulan suci Ramadan, dimana masyarakat berbondong-bondong membasuh atau mandi di pantai desa tersebut.

Menurut Harto Mamonto, warga dusun V desa Motabang yang ditemui beritatotabuan di pantai desa, Senin (12/04/2021), tradisi itu telah turun temurun dilakukan.

“Saya warga asli sini, yang lahir dan tumbuh di sini, tapi tidak tahu kapan persisnya tradisi ini dimulai. Yang jelas sejak saya kecil, tradisi ini sudah ada,” ucap Harto.

Diwawancarai di tempat yang sama, Imam Masjid Al-Hikmah Motabang Ma’ruf Palakum menjelaskan, sebelum mandi dilakukan prosesi baca doa bersama.

“Tradisi ini juga dikenal dengan istilah mandi safar,” ujar Ma’ruf.

Dikatakan Ma’ruf, prosesi itu untuk pertamakalinya dilaksanakan lagi sejak musim pandemi.

“Tahun lalu tidak dilaksanakan karena pandemi, baru tahun ini dilaksanakan lagi dengan mengikuti ketentuan dari pemerintah,” imbuh Ma’ruf.

Selain di desa Motabang, tradisi yang sama menyambut bulan suci Ramadan 1442 H, juga dilaksanakan di pantai desa Poigar I Kecamatan Poigar.

“Dulu tradisi ini dilaksanakan di sungai Poigar. Tapi belakangan karena menilai kondisi sungai yang kurang aman, sejak beberapa tahun terakhir warga bersepakat untuk dipindahkan ke pantai desa Poigar I,” kata Karim Durand, warga desa Poigar I.

Diketahui, dalam prosesi Imbalu’ bulan diawali dengan pembacaan doa oleh imam atau tokoh agama bersama warga sebelum dilanjutkan dengan membasuh diri atau mandi bersama sebagai tanda pembersihan diri dan rasa sukacita menyambut bulan suci Ramadan. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.