Longsor Lagi di Matayangan, Masyarakat Dimbau Tetap Waspada

Bagikan Artikel Ini:
  1. Longsor Lagi di Matayangan, Pemkab Imbau Tetap Waspada
    BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Ruas jalan di Matayangan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), sempat kembali tertutup longsoran, Kamis 27 Agustus 2020 sore.

Meski telah dibersihkan oleh masyarakat pada, Jumat (28/08/2020), masyarakat dan pengguna jalan diimbau untuk tetap waspada saat melewati titik-titik rawan bencana.

“Walaupun umumnya cuaca di Bolmong dalam beberapa hari terakhir cukup cerah, namun sesekali masih terjadi hujan intensitas tinggi disertai angin kencang yang bisa menyebabkan longsoran di jalan atau pohon tumbang,” ungkap Kepala Bidang Penanganan Darurat Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemkab Bolmong, Rafik Alamri.

Rafik juga mengingatkan kepada masyarakat yang bermukim di pesisir, agar tetap waspada mengingat tingginya gelombang pasang air laut dalam beberapa hari terakhir.

“Untuk masyarakat di pesisir pantai terutama nelayan yang sering beraktivitas di laut, diimbau untuk berhati-hati karena dalam beberapa hari terakhir sangat intens peringatan dini gelombang pasang air laut dengan ketinggian 1,5 hingga 2,5 Meter,” ujar Rafik.

Lebih lanjut, Rafik pun mengingatkan bahaya lainnya, yakni Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mengingat sudah memasuki musim kemarau yang disertai angin selatan.

“Jadi, diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran di lahan perkebunan karena koridor Pantai Utara dari Poigar sampai Sangtombolang termasuk ke dalam zona rawan Karhutla,” demikian Rafik. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.