Perangkat Telekomunikasi Untuk Rapat Online Diuji Diskominfo Bolmong

Bagikan Artikel Ini:
Perangkat Telekomunikasi Untuk Rapat Online Diuji Diskominfo Bolmong

Kepala Bidang e-Government Diskominfo Bolmong, Andry Mamonto, Saat Uji Coba di Ruang Data

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Perangkat telekomunikasi atau telekonferensi sebagai persiapan untuk melakukan rapat secara daring atau online, diuji coba oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat, (20/03/2020), di Lolak.

“Jadi jika nantinya mulai diterapkan Work From Home (Bekerja Dari Rumah, RED.) untuk ASN di lingkup Pemkab Bolmong, perangkat telekonferensi telah disiapkan untuk rapat online,” ungkap Kepala Diskominfo Pemkab Bolmong, Parman Ginano.

Menurut Parman, nantinya ada satu aplikasi bernama Zoom yang digunakan pihaknya untuk melakukan rapat secara daring atau online.

“Hari ini, kami melakukan uji coba. Alhamdullilah, uji coba telekonferensi dengan lokasi berbeda berjalan lancar,” ujar Parman.

Dijelaskan Parman, merujuk Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pihaknya berharap aplikasi Zoom itu sangat tepat digunakan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus.

“Sehingga dengan adanya telekonferensi, pertemuan atau rapat-rapat dengan melibatkan banyak orang dapat diminimalisir. Ini bagian dari cara kita melakukan sinkronisasi dan harmonisasi seluruh program yang akan kita pakai dalam kondisi kedaruratan ini ,” tutur Parman.

Diadakannya telekonferensi itu, imbuh Parman, dimaksudkan untuk mendapatkan informasi terkait program dan kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing OPD.

“Dan dengan adanya telekonferensi, menjadi salah satu solusi bagi para pimpinan OPD dalam membangun komunikasi dengan para staff ketika ASN harus bekerja dari rumah,” demikian Parman.

Diketahui, Dalam uji coba telekomunikasi tersebut, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Kepala Bagian di Sekretariat Daerah, Camat di lingkup Pemkab Bolmong, serta salah satu ASN di lingkup Pemkot Kotamobagu, Rafan Mokoginta, yang merupakan pemateri pengadaan barang dan jasa, turut dilibatkan. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.