Pertama di Sulawesi, Gudang CDC Mulai Dibangun di Bolmong

Bagikan Artikel Ini:
Pertama di Sulawesi, Gudang CDD Mulai Dibangun di Bolmong

Sekda Bolmong, Tahlis Gallang mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow meletakkan batu pertama pembangunan Gudang CDC Perum Bulog

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pertama di Sulawesi, Gudang Corn Drying Center (CDC) atau pusat pengeringan jagung Perum Bulog mulai dibangun di Desa Dulangon Kecamatan Lolak.

Hal itu seiring peresmian yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Senin (07/12/2020). “Melalui saya, ibu Bupati menitipkan pesan bahwa sangat senang karena impiannya hari ini mulai direalisasikan,” ucap Tahlis dalam sambutannya.

Pertama di Sulawesi, Gudang CDC Mulai Dibangun di Bolmong

Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang memberikan sambutan mewakili Bupati, Yasti Soepredjo Mokoagow

Menurut Tahlis, saat mengikuti proses Pilbup tiga tahun silam, Yasti telah berjanji kepada masyarakat untuk membangun CDC untuk memberikan jaminan kepada masyarakat panen jagung mereka tetap aman; meski di tengah cuaca yang tidak menentu. “Sehingga dengan adanya CDC atau pusat pengeringan jagung ini di Bolmong, maka para petani kita termotivasi untuk meningkatkan produksi jagungnya,” ujar Tahlis.

Pertama di Sulawesi, Gudang CDC Mulai Dibangun di Bolmong

Tahlis Gallang menuliskan pesan dan kesan untuk pembangunan Gudang CDC Perum Bulog

Dengan daya tampung 3000 ton/silo, lanjut Tahlis, maka tentunya saat CDC itu nanti selesai dibangun, bisa memberikan jaminan kepada petani saat panen. “Jadi bisa menampung bahkan sampai dari luar daerah Bolmong. Efeknya pasti akan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten di Bolmong,” kata Tahlis.

Diungkapkan Tahlis, pihaknya sangat optimis, efek saat CDC mulai beroperasi, maka pasti akan menyusul kegiatan-kegiatan lainnya. “Kami berharap, ini dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bolmong. Mudah-mudahan kerja sama ini terjalin secara terus menerus. Bupati dan Wakil Bupati juga menitipkan pesan siap mendukung proses kelancaran pembangunan ini. Jangankan lahan 13 hektar yang dihibahkan lalu, tapi semua yang diinginkan untuk proses kelancaran pembangunan ini, pemerintah daerah siap membantu,” tutur Tahlis.

Pertama di Sulawesi, Gudang CDC Mulai Dibangun di Bolmong

Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang bersama dan pejabat tinggi Pratama Pemkab Bolmong foto bersama jajaran petinggi Bulog

Sementara, Noldy Ramayadi, Kabid Administrasi Keuangan Bulog Wilayah Sulut-Go yang mewakil Kepala Kanwil Bulog Sulut-Go mengatakan, gudang CDC itu ditargetkan mulai beroperasi di akhir tahun 2021. “Target selesai pembangunannya, pertengahan tahun 2021. Setelahnya masih harus mengurus izin operasi yang perkiraannya 4 bulan. Jadi gudang CDC ini akan beroperasi di akhir tahun 2021,” jelas Noldy. (ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.