ADV2

Peserta UKW Angkatan XX Sulut Lulus Seratus Persen

Bagikan Artikel Ini:

Peserta UKW Angkatan XX Sulut Lulus Seratus PersenBERITATOTABUAN.COM, Bolmong – 18 orang peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XX Sulawesi Utara, semuanya dinyatakan lulus seratus persen.

Demikian hasil UKW yang terlaksana atas kerjasama Sahabat Jurnalis Bolmong (SJB) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara, Kamis (17/10/2019), di Hotel Patrajasa, Kotamobagu.

Kegiatan UKW itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Pemkab Bolmong, Tahlis Gallang. Dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian yang dibagi dalam tiga kelas.

Wakil Bupati Bolmong Yanni Tuuk, juga hadir sebagai pemateri bersama Kepala Diskominfo Bolmong, Parman Ginano dan Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta.

(Baca : Yasti : Selamat Berjuang Peserta UKW)

Diwawancarai usai menjadi pemateri, Yanni mengatakan, dirinya berharap output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi peningkatan kompetensi wartawan, terutama bagi peningkatan standar pemberitaan.

“Saya yakin dari event ini akan terlahir wartawan yang teruji dan disiplin serta patuh kode etika dan Undang-undang Pers,” ucap Yanni.

Diwawancarai terpisah, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan yang hadir mendampingi Tim Penguji dari PWI Pusat menjelaskan, bahwa pendidikan bagi wartawan dilakukan karena PWI sadar pentingnya kompetensi dan profesionalisme wartawan.

“Bagaimana wartawan tidak saja mampu hebat secara teknis, namun juga matang secara emosional. Karena itu harapannya, narasumber sebagai mitra kerja wartawan akan menjadi tenang dan mantap, ketika diwawancarai wartawan yang sudah dinyatakan kompeten dengan mampu menunjukan kartu UKW,” ujar Voucke.

Voucke pun mengaku bersyukur dan bangga atas hasil yang diraih oleh para Jurnalis Bolmong yang menjadi peserta UKW Angkatan XX itu.

“Tentu saya pribadi dan seluruh pengurus PWI Sulut sangat bangga dengan hasil UKW ini. Karena sebagai pengurus PWI Sulut, kami tentu saja berharap agar bisa semakin banyak wartawan yang dinyatakan kompeten dan profesional dalam melaksanakan tugas,” imbuh Voucke.

Jumrin Potabuga, Jurnalis salah satu media online di Bolmong Raya yang menjadi peserta mengaku, dirinya sangat bersyukur telah dinyatakan lulus usai mengikuti seluruh rangkaian tes dalam UKW.

“Alhamdulillah. Tetapi tentu saja saya bersama teman-teman akan terus berusaha meningkatkan kualitas agar semakin profesional saat bertugas sebagai seorang Jurnalis,” kata Jumrin. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.