Ratusan Miliar Aset Bolmong Didistribusi ke Daerah Pemekaran

Bagikan Artikel Ini:

INFO PEMKAB BOLMONG

Drs Farid Asimin

Drs Farid Asimin

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Wacana yang sebelumnya sempat berkembang kalau Pemkab Bolaang Mongondow terkesan setengah hati dalam membesarkan daerah pemekaran, yakni Kotamobagu, Bolmong Utara, Bolmong Timur dan Bolmong Selatan, ternyata terbantahkan. Terbukti, dari data yang diperoleh hingga saat ini sudah ada sekitar ratusan miliar asset milik Pemkab Bolmong yang didistribusi ke seluruh daerah hasil pemekaran.

Sekda Bolmong Drs Farid Asimin MAP mengatakan, penyerahan seluruh aset kepada empat daerah pemekaran Bolmong Induk, merupakan tindaklanjut dari paripurna Dekab Bolmong tahun 2012 lalu soal penyerahan aset.

“Unsur prosedural penyerahan aset dengan melakukan penataan teknis administrasi kepada daerah pemekaran juga telah dilakukan,” ujar Farid.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Drs Ashari Sugeha melalui Kabid Aset, Steven Tandayu mengatakan, teknis administrasi penyerahan aset termasuk kelengkapan dokumen juga sudah selesai.

“Terlebih dalam penganggaran pemeliharaan dan pengelolaan aset oleh daerah pemekaran terhadap aset yang telah diserahkan, sudah selesai,” imbuh Steven.

Menguatkan kedua pernyataan diatas,  Wakil bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM mengatakan, penyerahan aset dan dokumen administrasi kepada daerah pemekaran memang wajib dilakukan.

“Itu tidak boleh ditahan- tahan. Kewajiban kita menyerahkannya atau menghibahkannya,” singkat Tuuk.

Data yang diperoleh, aset yang diserahkan Pemkab Bolmong kepada empat daerah pemekaran yang mencapai ratusan miliar itu, meliputi tanah, tanah dan bangunan/gedung, peralatan dan mesin, jaringan irigasi, termasuk jembatan. (jun)

 

Jumlah dan Nilai Aset yang Diserahkan

  1. Kotamobagu: Jumlah Aset Yang Diserahkan 4029, taksiran nilai Rp59.826.266.217
  2. Boltim: Jumlah Aset Yang Diserahkan 2789, taksiran nilai Rp40.593.598.546
  3. Bolsel: Jumlah Aset Yang Diserahkan 4823, taksiran nilai Rp59.875.569.948
  4. Bolmut: Jumlah Aset Yang Diserahkan 2011, taksiran nilai Rp14.628.128.841
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.