Tulude Jadi Momentum Untuk Tinggalkan Hal-Hal Buruk

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Tulude Jadi Momentum Untuk Tinggalkan Hal-Hal Buruk BOLMONG – Perayaan acara Syukur dengan nuansa adat Nusa Utara dalam hal ini Tulude ikut dihadiri oleh Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH Jumat (03/02/2017)  kemarin, di dua lokasi berbeda yakni di Desa Labuang Uki, dan Desa Pindol Kilometer Sembilan Kecamatan Lolak.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh jemaat GMIBM Eben Haezer dan jemaat ararat etnis Nusa Utara. Nixon dalam sambutannya mengatakan, selaku pemerintah pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan acara syukur Tulude kemarin.

“Sebagaimana kita ketahui bersama Kabupaten Bolmong, memiliki keberagaman suku, etnis dan budaya, salah satunya adalah etnis masyarakat Nusa Utara yang tersebar di wilayah ini. Kemudian tahun, melaksanakan tradisi warisan budaya leluhur yaitu acara syukur Tulude,” ujarnya.

Watung menjelaskan bahwasanya Tulude menulude berasal dari kata ‘Suhude’ yang artinya menolak, sehingga bermakna meninggalkan hal-hal tidak baik, dimana Tulude jadi momentum tinggalkan hal-hal buruk yang telah dilakukan tahun sebelumnya. “Bersiap menyongsong tahun yang baru. Syukur Tulude, selain bermakna spiritual, juga memberikan edukasi dan wawasan kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi terhadap upaya pembangunan dan pelestarian budaya daerah,” katanya. (mg2/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.