Viral di Hari Perempuan Internasional, Cherish : PR Besar Bagi Kita Semua

Bagikan Artikel Ini:
Viral di Hari Perempuan Internasional, Cherish : PR Besar Bagi Kita Semua

Anggota DPD RI Perwakilan Sulut, Cherish Harriette

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Beredarnya video seorang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bolmong yang digerayang oleh rekan-rekan sesama pelajar hingga viral di media sosial tepat di Hari Perempuan Internasional, Senin, 9 Maret 2020, kemarin, disesalkan oleh anggota DPD RI perwakilan Sulawesi Utara, Cherish Harriette.

Cherish pun menegaskan, segala bentuk tindak pelecehan dan perundungan (bullying) kepada siapapun, dengan alasan apapun, tidak bisa dibiarkan.

“Perlu ada tindak tegas dari pihak berwenang agar kejadian serupa tidak semakin terulang. Ketegasan diperlukan sebagai pesan kepada siapapun bahwa tindakan pelecehan seperti itu adalah suatu pelanggaran. Perbuatan yang tak pantas dilakukan oleh siapapun, apalagi oleh orang yang terdidik,” kata Cherish.

Menempatkan perempuan sebagai objek perundungan, jelas Cherish, menunjukkan kualitas peradaban dan mental patriarki yang eksploitatif dan diskriminatif dalam memandang martabat dan kehormatan perempuan.

“Kesetaraan dan penghormatan terhadap sesama adalah nilai dasar kemanusiaan yang mestinya menjadi tujuan utama pendidikan,” tegas Cherish.

Tindak pelecehan dan diskriminasi gender yang terjadi di lingkungan pendidikan, lanjut Cherish, tidak hanya menunjukan kegagalan institusi pendidikan tapi juga mengindikasikan tidak berfungsinya peran keluarga sebagai pilar paling dasar dalam mewujudkan masyarakat yang beradab dan tidak diskriminatif.

“Kami sebagai Senator Sulut akan terus mendorong pemerintah dan mengajak masyarakat agar memperbaiki pola parenting, sebab kualitas seseorang di masa dewasa sangat ditentukan oleh pengasuhan di masa kecilnya,” tutur Cherish.

Cherish pun meminta pengawasan dari pihak sekolah harus terus diperbaiki, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Selain di rumah, sekolah juga memegang peranan penting dalam melakukan pendidikan karakter kepada para muridnya.”

Tak lupa Senator asal Sulut itu mengajak seluruh masyarakat untuk bersama menciptakan lingkungan sosial yang baik dan keteladanan kepada generasi muda terlebih di usia sekolah, agar mereka memiliki karakter yang positif dalam menyongsong masa depan.

“Pemenuhan hak korban juga perlu menjadi perhatian, baik tentang hak atas penanganan, perlindungan, dan pemulihan untuk mencegah keberulangan pelecehan seksual dan dampak yang berkelanjutan terhadap korban,” demikian Cherish. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.