BKP Bolmut Gagas Konsep Rumah Pangan Lestari

Bagikan Artikel Ini:
Gaby Datunsolang

Gaby Datunsolang

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Berbagai upaya untuk menggenjot peningkatan produksi pangan terus dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Bolmong Utara. Salah satunya dengan menggagas konsep rumah pangan lestari. Hal ini tercermin dari pernyataan Kepala BKP Bolmong Utara, melalui Kepala Bidang konsumsi Pangan , Geby Datunsolang SPi kepada beritatotabuan.com, Kamis (04/06/2015) siang tadi.

“Program Percepatan Penganekaragaman  Konsumsi Pangan (P2KP) ini merupakan program pemerintah dimana kegiatan optimaslisasi pemanfaatan pekarangan dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL ) dan ini akan dilaksanakan di berbagai desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” ucap Gaby.

Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui konsep rumah pangan lestari, akan dilakukan dengan memberdayakan kaum perempuan.

“Ini dilakukan dengan tujuan, guna  memenuhi kebutuhan pangan keluarga, dan akan dikembangkan secara berkelanjutan, serta akan didampingi oleh penyuluh,” tambahnya.

Dikatakannya juga, tujuan program tersebut,untuk meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang baik,

“Selain itu, ini juga akan  meningkatkan partisipasi kelompok wanita dalam penyediaan sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi kelurga, serta mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya,” jelasnya.

Untuk tahun 2015 ini, kata Gaby  ada 10 Desa atau kelompok di seluruh Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, akan mendapat bantuan dalam  kegiatan optimalisasi pemanfaat pekarangan melalui konsep KRPL tersebut.

“Dana bantuan tersebut diperuntukan dan dimanfaatkan untuk kebun bibit, kebun sekolah, Demplot dan pengembangan pekarangan kelompok,” tutupnya. (octav singal/jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.