ADV2

Bupati Bolmut Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Daerah

Bagikan Artikel Ini:

 

 

Bupati Bolmut Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Daerah

Bupati Bolmut saat menghadiri kegiatan pagelaran Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang bertempat di Lapangan Inomasa Kecamatan Bintauna,

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan budaya yang ada di daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka kegiatan pagelaran Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang bertempat di Lapangan Inomasa Kecamatan Bintauna, Selasa (09/04/2019) siang tadi. “Masyarakat Bolmut patut bersyukur dengan kemajemukan penduduknya, yang membuat daerah ini memiliki potensi budaya etnis yang apabila mampu dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tidak ternilai harganya,” uca Bupati dalam sambutan di kegiatan tersebut.

Menurut Bupati, upaya ke arah peningkatan kualitas, inovasi dan kreasi seni budaya akan menjadi solusi yang tepat guna memberikan nilai bagi pembangunan budaya agar tidak kehilangan identitas. “Wajar kiranya kegiatan OPK ini diberikan apresiasi seraya berharap dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat saat ini,” tambahnya.

Ditambahkan Bupati, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang harus terus dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya dalam memperkuat budaya di daerah. “Kebudayaan merupakan aset penting untuk mendukung pembangunan Bangsa. Karenanya, aset-aset kebudayaan tidak hanya penting untuk dilestarikan, melainkan harus dikembangkan sebagai bagian dari pembangunan karakter dan mentalitas Bangsa dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan,” tuturnya.

Bupati juga dalam kesempatan tersebut menegaskan, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur, sehingga tidak luntur oleh pengaruh negatif dari kebudayaan luar.  “Mari jadikan perbedaan yang ada sebagai sebuah karunia agar kita saling mengenal, bukan sebagai sumber perpecahan,” paparnya..

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolmut tersebut diikuti oleh para Pelajar SD dan SMP se derajat di Wilayah Kecamatan Bintauna dan Sangkub. Turut hadir Unsur Forkopimda Bolmut, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat, Sangadi serta Tokoh-Tokoh Adat dan masyarakat.(ione)

Baca Juga : Perayaan Isra Mi’raj Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dapat Apresiasi Bupati Bolmut

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.