DPRD Bolmut Apresiasi Program Dinas Pertanian dan Peternakan

Bagikan Artikel Ini:

 

 

Karel Bangko SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT — Upaya Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mogondow Utara, dalam rangka meningkatkan produksi sapi serta swasembada pangan di daerah itu, melalui program, Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) dan Padi Jagung dan Kedelai (Pajale) mendapatkan apresisasi dari Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Karel Bangko SH.

Kepada beritatotabuan.com, Karel mengatakan program Upsus Siwab maupun Pajale merupakan langkah pemerintah pusat yang digalakkan disemua daerah dalam meningkatkan swasembada pangan Indonesia serta menjadikan Bolmut sebagai daerah peternakan dengan produk yang berkwalitas. “Ini harus didukung kita semua. Selain meningkatkan swasembada pangan dan produk sapi yang berkwalitas, kesejahteraan petani maupun peternak juga mengalami peningkatan,” kata Karel.

Karel juga berjanji akan selalu mensuport semua program baik pemerintah pusat dan daerah selama hal itu masih berpihak pada kepentingan rakyat. “Semua program yang menyentuh kerakyatan pasti kami support,” janjinya.

Sementara itu, Kepala Dispertanakbun Bolmut Ir Sutrisno Goma diruang kerjanya Selasa(10/10/2017). Mengatakan. Pihaknya tak henti-hentinya melakukan pengembangan di sektor pertanian dan peternakan. “Sejak Tahun 2015 pemerintah pusat terus mengembangkan produksi pangan demi terwujudnya swasembada pangan dan penghasil peternakan yang unggul,” imbuhnya.

Selain Upsus Siwab, Pemkab Bolmut melalui Dispertanakbun juga menggalakkan program Pajale dengan ketersediaan lahan jagung sekitar 8000 H dan kedelai 1000 H. “Untuk Upsus Siwab kami melakukan Insimilasi Buatan (IB) atau perkawinan buatan pada induk sapi sehingga mendapat kualitas anak sapi yang baik. Harapan kami tentu terwujudnya swasembada Nasional dan Bolmut memiliki hasil produksi sendiri,” tutupnya (i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.