DPRD Bolmut Desak Pemerintah Segera Cairkan Dandes Tahap II

Bagikan Artikel Ini:

 

Mahmud Tegela

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Mahmud Tegila meminta pemerintah segera mencairkan Dana Desa (Dandes) tahap II. Hal tersebut diungkapkan Mahmud kepada beritatotabuan.com, Rabu (20/09/2017) kemarin. “Jika transferan dana desa dari pemerintah pusat telah masuk rekening daerah,kami harap bisa segera disalurkan ke desa-desa yang ada di Bolmong Utara,” ujar Mahmud.

Mahmud menambahkan, Dandes tersebut sangat berimplikasi pada proses pembagunan desa, “Ini penting. Sebab, Dandes tersebut menyentuh langsung kepentingan masyarakat yang ada di Desa,” tambahnya,

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Bolmut,l Fadly Usup SE mengatakan kalau pihaknya hingga saat ini masih menungvu transferan dana dari pusat untuk penyaluran Dandes tersebut. “Kita masih menunggu anggaran dari pusat, begitu masuk akan segera kami salurkan,” ucap Fadly,

Dirinya menambahkan, 60 persen Dandes tahap pertama telah terserap sekitar 98,4 persen dalam proses pembangunan desa. “Persyaratan sesuai peraturan Menteri Keuangan RI No 50 Tahun 2017 Bahwa, untuk proses pencairan Dana Desa Tahap Kedua yang sisanya 40 persen harus ada realisasi 75 persen penggunaan Dari Tahap Pertama. Ini Artinya kalau dilihat dari aturan Bolmut, sudah memenuhi syarat secara administrasi dan pengelolaan keuangannya,” jelasnya.

Dirinya pun mengungkapkan, sisa Anggaran yang akan ditransfer dari Pemerintah Pusat Ke Pemerintah Daerah Bolmut, untuk tahap Kedua masih sekitar Rp 32 Miliar. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa masuk ke kas daerah,”tutupnya. (i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.