Gelar Pelatihan SIG, Bupati Apresiasi Dinas PUPR Bolmong Utara

Bagikan Artikel Ini:

 

Gelar Pelatihan SIG, Bupati Aprediasi Dinas PUPR Bolmong Utara

Bupati Bolmut usai membuka pelatihan SIG yang digelar oleh Dinas PUPR

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Bupati Drs. H. Depri Pontoh membuka secara resmi Pelatihan sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2019 di Hotel Aston Manado.

Bupati menyambut baik dan memberi Apresiasi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Bolmut. “Kami apresiasi Dinas PUPR atas terlaksana kegiatan ini,semoga kegiatan ini dapat di manfaatkan sebaik-baiknya sebagai momentum perbaikan kemampuan dalam mengembangkan kompetensi,”kata Depri pontoh.

SIG menjadi komponen yang sangat penting. Apalagi saat ini pemerintah daerah sedang melakukan penyempurnaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018 – 2023. Sehingga kebutuhan akan data dan informasi yang akurat dan relevan dalam bidang perencanaan pembangunan merupakan suatu keharusan.

” Masalah pengelolaan data sering menjadi kendala besar dalam pembangunan karena kurangnya kesadaran aparatur pemerintah akan arti pentingnya data bagi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pembangunan disegala bidang. Data yang dikelola dengan baik dan benar akan memberikan hasil guna yang lebih tinggi. Data yang tersusun baik dan terbuka bagi instansi lain akan meningkatkan kerja sama dan koordinasi yang pada akhir – akhir ini dirasakan semakin perlu, ” Ujar Pontoh.

Disampaikannya pula, SIG merupakan alat bantu dalam mengelola data baik spasial maupun non spasial dan saat ini telah menjadi standar bagi pengelolaan data terpadu. Sejalan dengan berkembangnya berkembangnya perangkat komputer perkembangan sistem pengelolaan data dan perkenbangan perangkat keras pengolah data.

” Secara umum SIG merupakan suatu sistem berbasiskan komputer yang digunakan untuk menyimpan, menganilisis objek – objek, penomena – fenomena dimana lokasi geografis merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis, ” Pungkasnya.

Dalam pembukaan SIG turut dihadiri oleh Direktur LKP Geospasial Bumi Nusantara Propinsi Sulawesi Utara sebagai pemateri kegiatan, Asisten II setda Bolmut Dra. Jakomina Mamuaja, Kepala Dinas PUPR Bolmut Hidayat Panigoro, dan staf Dinas PUPR Bolmut. (I-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.