ADV2

Assagaf Bingung, Dana Desa Belum Juga Masuk ke Kas Daerah

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Dana Desa

Ilustrasi Dana Desa

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM — Sudah hampir masuk pada triwulan II tahun 2016, tapi sampai dengan saat ini Dana Desa (DD) atau dana transfer dari pemerintah pusat belum masuk di kas daerah. Akibatnya, Pemkab Boltim kebingungan karena hampir semua desa di Boltim sudah siap menerima dana transfer tersebut.
Menurut Sekkab Boltim, Ir Muhammad Assagaf untuk Alokasi Dana Desa (ADD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boltim, tahap pertama ini sudah disiap disalurkan. Namun, untuk DD tahap pertama dari pemerintah pusat belum juga masuk.

“ADD memang sudah siap, tetapi karena penyaluran DD dan ADD secara paket. Sehingga realisasi dana untuk 80 desa di Boltim belum bisa dilakukan. Ini yang membuat Pemkab Boltim jadi bingung, ” ungkap Assagaf.
Kata Asaagaf, mereka memang tak tahu apa yang menyebabkan keterlambatan dana desa ini belum masuk ke kas daerah, karena belum ada pemberi tahuan langsung dari Kementrian terkait soal dana desa ini.
“Mungkin juga, karena pemerintah pusat akan merasionalisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sehingga, itu kemungkinan yang menyebabkan dana transfer untuk desa belum di salurkan pemerintah pusat. Pada intinya, hampir semua desa di Boltim sudah siap menerima DD dan ADD tahap pertama. Meskipun ada juga sampai sekarang masih ada desa yang belum memasukan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) pengunaan DD-ADD tahun 2015 lalu, ” ketusnya. (sandy)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.