Baru Tiga Sarang Burung Walet di Boltim Yang Kantongi IMB

Bagikan Artikel Ini:

 

Baru Tiga Sarang Burung Walet di Boltim Yang Kantongi IMB

Ilustrasi Bangunan Sarang Burung Walet

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pengembangan usaha burung walet di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tampak mulai menggurita.

Berdasarkan data di Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), baru tiga pengusaha yang mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin usaha dari 14 usaha pengembangan sarang burung walet. “Dari 14 usaha sarang burung walet di Boltim, hanya tiga usaha kantogi IMB dan izin usaha,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan, DPTSP Boltim, Nizar Kadengkang.

Menurut Nizar, sudah beberapa kali melakukan pengawasan dan pemberitahuan kepada pemilik untuk segera mengurus IMB dan izin usaha. “Untuk pengurusan IMB dan izin usaha ada pada kesesuaian tata ruang dan akte kepemilikan. Hampir 80 persen gedung sarang burung walet di Boltim, berdiri di lahan yang tidak sesuai RT/RW,” jelasnya.

Rata-rata lanjutnya, pemilik sarang burung walet lebih dulu membangun gedung, ketimbang mengurus izin. “Harusnya koordinasi dulu dengan pemerintah daerah baru melakukan pembangunan,” ungkapnya.

Terpisah Kepada Bidang Perizinan dan Non Perizinan, Iswandi Mokodompit mengatakan, ketiga usaha sarang burung walet yang memiliki izin IMB. Yakni  di Desa Molobog Kecamatan Motongkat, Desa Matabulu Kecamatan Nuangam dan Desa Bukaka Kecamatan Kotabunan. “Lainnya, belum ada. Jadi saya sudah beberapa kali menyurat ke kecamatan dan desa, untuk menginstruksikan pemilik mengurus izin,” ujar Iswandi.

Iswadi menceritakan, ada beberapa pengelolah usaha burung walet yang datang ke kantor mengurus izin. Namun kebanyakan tidak kembali, alasanya retribusi pengurusan terlalu mahal. “Kami telah melakukan perhitungan sesuai Perda nomor 4 tahun 2012 Tentang Retribusi Perizinan Tertetu,” tuturnya.(mg3/mon77)

Baca Juga : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boltim Ajukan Proposal Pembangunan Gedung ke Pemerintah Pusat

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.