Bupati Buka Diklat Analisis Standar Belanja dan Standar Satuan Harga

Bagikan Artikel Ini:

 

ADVETORIAL

Diklat Analisis Standar Belanja dan Standar Satuan Harga oleh Pemkab Boltim

BERITATOTABUAN.COM, ADVETORIAL –Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH, Senin (20/05/2019) secara resmi membuka kegiatan Diklat penyusunan Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH), di Meeting Room Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Bupati Boltim saat memberikan sambutan dalam kegatan Diklat

Acara ini diikuti oleh 77 orang peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola keuangan di masing-masing satuan kerja yang ada di Boltim, ikut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Boltim Ir Hi Muhammad Assagaf, Kepala Perwakilan BPKP Sulut Sofyan Antonius, serta Asisten Bidang Administrasi Umum Boltim.

Kepala BPKP Sulut saat memberikan sambutan dalam kegatan Diklat

Lewat sambutannya, Bupati mengatakan, Analisis ASB adalah standar atau pedoman yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program atau kegiatan, yang akan dilaksanakan oleh SKPD dalam satu tahun anggaran. Dijelaskan Bupati, penilaian kewajaran pembebanan belanja dala ASB mencakup dua hal, yaitu kewajaran beban kerja dan kewajaran biaya. “Sedangkan SSH adalah penetapan harga barang sesuai jenis, spesifikasi dan kualitas dalam satu periode tertentu,” jelas Bupati.

Foto bersama usai pembukaan kegiatan Diklat

Lanjut Bupati, pelaksanaan penyusunan ASB dan SSH merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan daya abdal sistem pengendalian intern dan mendorong terciptanya iklim kendali untuk efisiensi, efektifitas dan produktifitas dari penggunaan sumber daya yang ada. “Beberapa manfaat yang diperoleh dari analisis penyusunan standar yang handal antara lain, penetapan plaforln anggaran pada saat PPAS, dapat menentukan kewajaran biaya untuk melaksanakan kegiatan, meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas, dan lain sebagainya,” tambah Bupati.

Bupati berharap, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini agar serius dalam menerima materi. Sehingga ilmu yang didapat dapat diaplikasikan di lingkungan kerja masing-masing. “Saya berharap kalian agar serius dan fokus dalam mengikuti diklat ini. Agar bisa membawa manfaat bagi kita semua,” tandas Bupati. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.