Bupati SERAHKAN KARTU TASPEN ‘Canggih’ ke ASN Boltim

Bagikan Artikel Ini:

 

Penyerahan Kartu Taspen yang terintegrasi langsung ke ponsel pintar oleh Bupati Boltim Sehan Landjar SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIMPemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai menyalurkan Kartu Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) baru untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) nya. Penyaluran Kartu pengganti Taspen lama ini ditandai dengan penyerahan kartu secara simbolis oleh Bupati Boltim Sehan Landjar SH kepada Sekretaris Daerah Ir. Hi Muhammad Assagaf, pada pelaksanaan apel Korpri di Kantor Bupati Boltim, Senin (19/03/2018).

Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Reza Mamonto mengatakan, inovasi layanan yang diinisiasi PT TASPEN Persero ini mempermudah pesertanya untuk mengakses layanan TASPEN diantaranya program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun maupun Jaminan Hari Tua. “Kartu Taspen baru berguna untuk fungsi data kepegawaian dari masing-masing ASN dengan cara mengaktifkan aplikasi mobile dan memanfaatkan  aplikasi scan barcode pada kartu tersebut,” terangnya.

Dia mengungkapkan kemudahan lain yang bisa diperoleh dari penggunaan kartu taspen baru itu salah satunya ASN dapat langsung mengetahui waktu pensiunnya. “Dengan kartu ini ASN bisa mengetahui kapan dia akan pensiun. Selain itu juga berfungsi untuk data kesehatan dan bisa di jadikan kartu pensiun apabila sudah pensiun. Bisa juga untuk mengecek berapa tunjangan hari tua apabila sudah pensiun, berapa gaji pokok pensiun dan apakah data keluarga sudah terakomodir atau belum,” tuturnya.

Kartu ini diklaim cukup canggih karena tak cuma berbasis data pengguna, tetapi juga tersambung ke ponsel pintar (smartphone) pengguna. “Kartunya simple bisa di bawa kemana-mana dan aplikasi bisa di akses menggunakan handphone android,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, untuk mendapatkan kartu ini, ASN tidak direpotkan lagi dengan pengurusan berkas.  “Taspen terbaru ini adalah pengganti kartu taspen yang lama sehingga secara otomatis nama sudah ada di aplikasinya Taspen. Tinggal di jemput oleh masing-masing ASN pada bidang mutasi BKPSDM,” pungkasnya. (mg3/Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.