Ketua Bawaslu Sulut : kehadiran Panwaslu Harus Ciptakan Pemilu Yang Berintegritas

Bagikan Artikel Ini:

 

Pengawas Pemilu

Ketua Bawaslu Sulut DR Herwyn Malonda saat memberikan materi dalam Bimtek yang digelar oleh Bawaslu Boltim

BERITATOTABUAN.COM, SULUT – Kehadiran pengawas pemilu dalam tahapan serta proses Pilkada yang tengah bergulir saat ini harus menciptakan pemilu yang beritegritas. Demikian ditegaskan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Herwyn Malonda, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bolmong Timur di Villa Tobongon, Rabu (02/09/2020) siang tadi.

“Kehadiran dari Pengawas Pemilu ditengah” tahapan pilkada harus menciptakan dan menghasilkan Pilkada yg baik, berkualitas, dan berintegritas berdasarkan regulasi di setiap tahapan pilkada,” tegas Herwyn yang didampingi oleh Komisioner Bawaslu Sulut yang mengkordinir Divisi Penyelesaian Sengketa Awaludin Umbola.

Pengawas Pemilu

Ketua Bawaslu Sulut DR Herwyn Malonda saat memberikan materi dalam Bimtek yang digelar oleh Bawaslu Boltim

selain itu, Herwyn juga mengingatkan kepada peserta bimtek yang terdiri dari jajaran Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang ada di Kabupaten Bolmong Timur, untuk disiplin membaca dan mengikuti setiap regulasi, ataupun perubahan regulasi baik undang-undang maupun Peraturan Bawaslu RI,  Peraturan KPU, dan juga Peraturan DKPP, terkait etik dri penyelenggara pemilu dalam melaksanakan tugas. “Pengawas Kelurahan Desa juga agar ritun melakukan kordinasi baik dengan jajaran pengawas diatasnya dalam hal ini Panwaslu Kecamatan, maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS),” tambah Herwyn yang didampingi juga oleh Ketua Bawaslu Boltim Hamoko Mando, bersama 2 anggota Bawaslu Boltim msing-masing  Susanto Mamonto dan Hariyanto.

Herwyn pun meminta agar jajaran pengawas pemilu untuk tetap senantiasa, mengamati, mengidentifikasi, dan mengkaji setiap peristiwa, dalam tahapan Pilkada, apakah telah sesuai prosedur dan regulasi atau tidak. “Jangan lupa untuk tetap menjaga prinsip netralitas dan imparsialitas sebagai penyelenggara pemilu, serta pada saat  menjalankan tugas, tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan protokol kesehatan covid-19,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu juga Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda ikut membuka ruang dialog, dalam rangka mengali lebih dalam pengetahuan peserta tentang kepemiluan, agar dapat memaksimalkan kerja-kerja pengawasan di lapangan nantinya. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.