ADV2

Pekan Ini, Boltim Gelar Pesta Adat Tulude

Bagikan Artikel Ini:

 

Nurtini Modeong

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Agenda tahunan pesta budaya Adat Tulude oleh masyarakat etnis Sangihe yang ada di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), direncanakan digelar pekan ini. Pelaksanaan dipusatkan di Desa Dodap Pantai, Kecamatan Tutuyan tersebut, seperti pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya.aKepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Boltim Nurtini Modoeng mengatakan, dengan adanya kegiatan adat tersebut, pemerintah daerah melalui Bagian Kesra mulai mendistribusikan undangan. “Undangan sudah siap, tinggal dibagikan ke SKPD serta tamu lainnya,” ujar Nurtini.

Sedangkan untuk prosesi pelaksanaan adatnya,  akan dilakukan oleh masyarakat yang berada di desa lokasi pelaksanaan. “Nanti pelaksananya adalah masyarakat setempat,”  ungkapnya.

Salah satu warga Dodap Pantia Kusman Pangkey mengatakan, warga Dodap Pantai mulai menyiapkan pelaksanaan Tulude. Karena mereka ingin perayaan tahun ini, lebih baik dari sebelumnya. “Tiap tahun Tulude dirayakan. Jadi kita akan berusaha agar ada hal baru disajikan. Sehingga selalu ada hal baru tiap peringatan Tulude,” ujarnya. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.