Pemkab Boltim Akan Bangun PLTS

Bagikan Artikel Ini:

 

Sehan Landjar SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), tahun ini.

Namun kata Bupati Sehan Landjar, pemanfaatan PLTS tersebut hanya dipakai khusus untuk kawasan pemerintahan. Bukan pasokan listrik bagi masyarakat umum. “Lokasi pembangunan PLTS juga dikawsan kantor bupati,” kata Bupati, kemarin.

Untuk anggaran, sambungnya, telah disiapkan beserta lahan pembangunan PLTS. Termasuk perencanaan panel tenaga surya yang terpasang bakal dimanfaatkan juga menjadi lahan parkir. ” Lokasi PLTS konsepnya multi fungsi, juga dimanfaatkan jadi tempat parkir,” jelasnya.

Ia menambahkan, rencana pembangunan PLTS itu, didasarkan pada perhitungan biaya listrik yang dibayar Pemkab ke PLN sangat tinggi. “Kalau sudah ada PLTS, kita tinggal lakukan perawatan, biayanya bisa ditekan,” imbuh Eyang sapaan akrab Bupati.

Sementara itu, Asisiten III Boltim Djainudin Mokoginta mengungkapkan, selain mencegah pembayaran listrik begitu besar, rencana pembangunan PLTS juga mengantisipaai terjadi kerusakan pada alat elektronik di kantor. “Selama ini menggunakan listrik dari PLN banyak alat perkantoran rusak, sebab listrik sering mati kemudian menyala dalam waktu yang singkat. Sehingga alat elektronik mudah rusak,” ungkap Mokoginta. (mg3/Mon77)

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.