Kapolda Sulut Yang Baru Ternyata Pernah Jadi Kapoltabes Manado

Bagikan Artikel Ini:

 

Kapolda Sulut

Irjenpol Royke Lumowa

BERITATOTABUAN.COM, SULUT – Siapa sangka, IrjenPol Drs Royke Lumowa yang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/385/II/KEP/2020, tertanggal 03 Februari 2020, dimutasi dari Kapolda Maluku menjadi Kapolda Sulawesi Utara, ternyata pernah menjadi Kapoltabes Kota Manado di tahun 2008.

Hal ini tercatat dari rekam jejak perwira tinggi Polri asal Minahasa yang lahir di Makassar pada 16 September 1962 tersebut. Dimana, dalam catatan Wikipedia, sebelum menjadi Kapoltabes Manado di tahun 2008, di tahun 2007 Royke sempat menjadi Wadir Lantas Polda Sumatera Utara.

Baca Berita Sebelumnya : Putra Minahasa Diangkat Jadi Kapolda Sulut Yang Baru

Usai ditugaskan menjadi Kapoltabes Manado di tahun 2008, Royke dimutasi kembai ke wilayah Sumatera Utara, tapi menjabat sebagai Dirlantas Polda Sumut di tahun 2009. Di tahun 2010, setelah sempat dimutasi menjadi Perwira Menengah (Pamen) SDE SDM Mabes Polri, Royke kemudian diangkat menjadi Dirlantas Polda Metro Jaya.

Usai menjadi Dirlantas Polda Metro Jaya, lulusan Akpol tahun 1987 ini lantas diangkat menjadi Kabagkamse Korlantas Mabes Polri di tahun 2011, dimana pada tahun 2012 dirinya kemudian menjadi Asisten Deputi Kordunasi Penanganan Daerah Konflik dan Kotigensi Kementerian Polhukam.

Pada tahun 2015, karir Royke Lumowa sebagai sebagai lulusan Sespati di tahun 2010 terus bersinar, menyusul diangkatnya Putra Minahasa kelahiran Makassar ini menjadi Kapolda Papua Barat. Tidak berhenti sampai disitu, Royke lantas ditunjuk menjadi Kakorlantas Mabes Polri di tahun 2016, dan terakhir sebelum menjabat sebagai Kapolda Sulut di tahun 2020 ini, Royke sebelumnya tengah menjabat sebagai Kapolda Provinsi Maluku. (wkp/jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.