61 Calon Sangadi se Kotamobagu Mulai Diseleksi 

Bagikan Artikel Ini:
Edo Mopobela

Edo Mopobela

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Proses pendaftaran Calon Kepala Desa (Sangadi) di Kotamobagu telah resmi ditutup pada Jumat (23/10/2015) kemarin. Dari data yang diperoleh, tercatat sedikitnya ada 61 calon sangadi yang akan berkompetisi untuk menjadi pamong 15 Desa yang ada di daerah itu.

Dari 61 calon sangadi tersebut, tercatat di Desa KOpandakan satu memiliki pendaftar terbanyak dalam hal ini 8 orang, sementara di tiga desa lainnya, masing masing, Bilalang II, Pontodon Induk dan Moyag Tampoan tercatat ada 6 orang yang mendaftar. Berbeda dengan Moyag Tampoan, di Desa Moyag Todulan dan Poyowa Besar tercatat 3 orang yang mendaftarkan diri, sementara untuk Desa Sia, Tabang dan Bungko hanya memiliki 2 pendaftar.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkot Kotamobagu, Edo Mopobela mengatakan seluruh calon sangadi itu akan diseleksi, oleh panitia pemilihan sangadi (pilsang) yang telah ditunjuk Pemkot Kotamobagu.

“Untuk desa yang pendaftarnya tidak lebih dari 5 orang akan dilakukan seleksi berkas, sementara yang pendaftarnya lebih dari 5 orang akan dilakukan seleksi tambahan, seperti tes tertulis,  atau wawancara,” ucap Mopobela.

Untuk proses seleksi tersebut, dikatakan Mopobela akan dilakukan selema hampir 3 pekan.

“Panitia Pilsang akan melakukan seleksi selama 20 hari, dimana untuk desa yang pendaftarnya lebih dari 5 orang akan ditambah 1 hari, guna menyelesaikan proses tes tertulis ataupun wawancara,” tambahnya. (jun)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.