Awasi Kesehatan Hewan Potong, Dispertanak Tempatkan Petugas di Pasar

Bagikan Artikel Ini:

 

Awasi Kesehatan Hewan Potong

Samsul Lasena

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Perhatian Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu terhadap kualitas hewan potong, yang akan dikonsumsi masyarakat rupanya cukup diseriusi.

Terbukti, untuk menjamin kualitas hewan potong seperti kambing, sapi juga ayam, Pemkot lewat instansi teknis terkait, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Kotamobagu, diketahui telah menempatkan petugas mereka di pasar tradisonal.

“Petugas ini nanti akan melakukan pemeriksaan, baik itu sebelum ternak tersebut disembelih sampai dengan pemeriksaan setelah ternak tersebut dipotong,” ungkap Kepala Bidang Peternakan Samsul Hidayat Lasena SPt kepada awak media.

Pengawasan tersebut kata Samsul penting dilakukan, terlebih menjelang Ramadhan dan Lebaran nanti. Dimana, konsumsi hewan potong diprediksi akan meningkat. “Kita awasi hal ini untuk menjamin kalau daging yang dikonsumsi masyarakat itu memenuhi kaidah aman, utuh, sehat juga halal,” tambahnya.

Jika dalam pengawasan ditemui ada hewan yang menderita penyakit tertentu, maka hewan tersebut dilarang untuk disembelih, sebelum diobati untuk memastikan kesehatan hewan tersebut sebelum disembelih. “Untuk Kotamobagu sendiri, hingga saat ini kualitas kesehatan daging masih bisa dipertanggungjawabkan,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.