Bahas Adat Perkawinan, Disbudpar Undang Tokoh Adat dan Budayawan

Bagikan Artikel Ini:

 

Bahas Adat PerkawinanBERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Keberlangsungan adat istiadat khususnya dalam hajat perkawinan di Kotamobagu mendapatkan perhatian dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu.
Ini dibuktikan dengan pertemuan yang digelar Disbudpar Kotamobagu bersama dengan tokoh adat dan budayawan yang ada di wilayah Kota Kotamobagu, Rabu (19/02/2020). “Dalam pertemuan ini, kita menggali lebih dalam soal adat istiadat khususnya dalam hajatan perkawinan, untuk kita selaraskan,” ungkap Kepala Disbudpar Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta ST.
Dalam pertemuan itu, Anki menambahkan, salah satu pembahasan juga terkait dengan ornamen adat yang digunakan, ketika melangsungkan pernikahan. “Selain itu juga kita bahas tahapan pernikahan yang digelar dengan adat mongondow, misalnya dari pakaian dengan ornamennya, warna tata rias, sebab itu ada makna tersendiri. Penempatan keris, tata cara duduk, kita bahas agar semua bisa selaras,” tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, budayawan Bolaang Mongondow Raya, Chairun Mokoginta memberikan apresiasi atas iniatif Pemkot lewat Disbudpar Kotamobagu, yang telah menggelar pertemuan itu. “Ini merupakan sebuah langkah positif. Terutama dalam melestarikan adat dan budaya di daerah kita ini,” imbuh Chairun. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.