BUMDes Diminta Mampu Maksimalkan Potensi Yang Dimiliki di Tiap Desa

Bagikan Artikel Ini:

 

BUMDes Diminta Mampu Maksimalkan Potensi Yang Dimiliki di Tiap Desa

Hamdan Monigi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah dimiliki oleh 15 desa se Kotamobagu, diharapkan bisa ikut mendorong potensi yang ada di tiap desa.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Kotamobagu Hamdan Monigi, Senin (18/03/2019).  “Potensi setiap desa yang ada di Kotamobagu kami harap mampu dikelola dan dimaksimalkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada. Sehingga dengan demikian maka  roda perekonomian di desa pun bisa lebih ditingkatkan kedepan,” ucap Hamdan.

Hamdan pun mengatakan keberadaan BUMDes tersebut harus berpihak penuh kepada masyarakat, dimana salah satu kontribusinya adalah penyediaan pelayanan social. “Pendapatan Asli Desa (PADes) juga kami harap bisa dimaksimalkan dengan kehadiran lembaga perekonomian desa tersebut, sehingga seluruh yang dikelola bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa setempat,” tambahnya.

Disisi lain, Hamdan pun mengatakan keberadaan BUMDes tersebut juga salah satunya adalah menarik keuntungan secara ekonomi, dimana hal tersebut disarankan olehnya untuk dapat dicari di luar desa, dengan mamanfaatkan sector perekonomian di desa. “Jika seluruh potensi di desa bisa dimaksimalkan oleh BUMDes, maka tentu akan jadi produk unggulan di tiap desa, yang secara ekonomi akan mendatangkan keuntungan dari luar desa,” paparnya. (fb)

Baca Juga : BUMDes Moyag Tampoan Dorong Potensi Pertanian di Wilayahnya

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.