ADV2

Calon Kepala Sekolah Harus Miliki Sejumlah Kompetensi

Bagikan Artikel Ini:

 

http://beritatotabuan.com/wp-content/uploads/2018/04/IMG-20180404-WA0040.jpg

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kotamobagu, Rastono SPd

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Para Calon Kepala Sekolah yang ada di Kotamobagu harus memiliki sejumlah kompetensi, selain keahlian manajerial, hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotamobagu, Rastono SPd, MPd kepada beritatotabuan.com,  saat dihubungi lewat telepon selulernya, Kamis (21/11/2019) siang tadi.

“Iya, selain kompetensi manajerial tentunya calon kepala sekolah juga harus memiliki kompetensi lainnya seperti kompetensi social bahkan kewirausahaan,” ujar Rastono.

Rastono mengatakan, kompetensi yang dimiiki tersebut akan di explore atau digali lebih dalam dalam proses tes substansi yang sudah berlangsung sejak kemarin hingga hari ini di SMP Negeri 4 Kotamobagu. “Ini yang nanti akan menjadi point-point penilaian dalam tes substansi calon kepala sekolah yang tengah digelar, dimana ketika kompetensi itu dimiliki maka akan menambah kelayakan mereka untuk menjadi peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah nanti,” tambahnya.

Masih menurtu Rastono, kompetensi tersebut penting dimiliki oleh setiap calon kepala sekolah, agar proses kepemimpinan dalam organisasi sekolah tersebut, bisa berjalan dengan maksimal. “Sebab, seorang leader (Pemimpin) tentu harus bisa memecahkan seluruh persoalan yang kerap dihadapi oleh setiap sekolah, yang mana dengan modal kompetensi variatif yang ada tentunya mereka akan bisa melakukan itu semua,” tuturnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.