Disdukcapil Kotamobagu Susuri Sekolah Dasar

Bagikan Artikel Ini:

Disdukcapil Kotamobagu Susuri Sekolah DasarBERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kotamobagu susuri sekolah dasar yang ada di daerah tersebut, dalam rangka sosialiasi pembuatan akte kelahiran. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Kelahiran Kematian dan Pengakuan Anak Helli Manggopa, seraya mengatakan kalau sejauh ini sudah ada 19 Sekolah Dasar (SD) yang dimasuki mereka, seraya menyerahkan formulir pengisian untuk penerbitan akte kelahiran. “Dari 19 sekolah dasar tersebut sejauh ini baru 10 sekolah yang mengembalikan formulir yang sudah kami edarkan,” ucap Helli.

Helli mengatakan, dari data yang ada pada mereka, masih ada sekitar 38.964 anak yang berusia 0 sampai 18 tahun yang harus memiliki akta kelahiran. Dimana, dari jumlah tersebut Dari jumlah tersebut, baru 23.212 yang memiliki akte kelahiran. “Sisanya sementara kami upayakan. Yang jelas akte kelahiran sangat penting dalam identitas kependudukan, dimana hal ini juga menjadi salah satu factor untuk bisa diterbitkannya BPJS maupun beberapa kepentingan pelayanan warga lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kotamobagu Virginia Olii mengatakan kalau sejauh ini realisasi penerbitan akte kelahiran baru menyentuh angka 64,8 persen. Dimana, target secara nasional sendiri harus bisa mencapai 77,5 persen. “Sejauh ini kita terus berupaya maksimal. Salah satunya dengan menggelar pelayanan keliling dengan mengunjungi langsung masyarakat agar mau mengurus dokumen kependudukan mereka,” imbuh Olii. (mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.