Hadiri Upacara Adat Tulude, Walikota Berbaur Bersama Jemaat GMIBM Solafide Mogolaing

Bagikan Artikel Ini:

 

Walikota ikut menari masamper bersama Jemaat Solafide Kelurahan Mogolaing dalam upacara adat Tulude

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU—Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Sabtu (04/02/2018) akhir pecan lalu, menghadiri Upacara Adat Perayaan Tulude Jemaat GMIBM Solafide, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat. Dalam sambutannya, Walikotamengatakan, upacara adat perayaan tulude merupakan sarana untuk mempererat hubungan tali silaturahmi baik antar suku maupun agama yang ada di Kota Kotamobagu.

“Upacara adat ini adalah salah satu upaya dalam rangka melestarikan budaya saudara-saudara kita yang berasal dari Nusa Utara. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan terus menerus, agar menjadi momentum bagi kita semua untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan sesama masyarakat di daerah ini,” kata  Tatong.

Tatong pun dalam kesempatan tersebut, kepada masyarakat asal Nusa Utara yang ada di Kota Kotamobagu, untuk terus bersama, terus bersatu, serta terus bergandengan tangan, demi kemajuan masyarakat dan daerah Kota Kotamobagu.“Sebagaimana pesan mulia dari para leluhur masyarakat Nusa Utara, yakni, mekaraki pato tumondo mapia, kaeng balang sengkahindo, yang artinya, lajunya perahu meluncur, hanya akan tercapai, jika kita mendayung secara bersamaan. Hal ini mengandung makna bahwa, pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang saat ini terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, tentunya juga akan sangat membutuhkan kebersamaan, serta dukungan  dari seluruh elemen masyarakat yang ada  di Kotamobagu, termasuk dukungan, serta peran aktif, dari saudara-saudara-ku, seluruh masyarakat Kota Kotamobagu asal Nusa Utara, yang ada di daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Tulude Kotamobagu, Roy Kasenda, S.E, melaporkan, upacara Adat Perayaan Tulude ini merupakan suatu bentuk kesyukuran dari masyarakat Sagihe Talaud yang berada di Kota Kotamobagu dan sekitarnya atas berkat dan anugerah Tuhan yang diberikan selama satu tahun penuh di tahun 2017. “Kami juga menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada wali kota yang telah hadir dan bersedia menjadi bagian dari masyarakat Sagihe Talaud yang ada di wilayah BMR. Semoga Tuhan Yang Maha Esa akan selalu menyertai dan memberkati wali kota dalam menjalankan aktifitas sehari-hari,” ucap Roy.

Turut hadir dalam kegiatan di antaranya, Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs. Jainudin Damopolii, Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, Diana J.E. Roring, Sekda Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si, unsur Forkopimda, Ketua Badan Pekerja Sinode GMIBM, Pdt. Ch. Raintama, M.Th, pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu, seluruh jemaat GMIBM Solafide Mogolaing, serta seluruh masyarakat Sagihe Talaud yang ada di Kota Kotamobagu. (*/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.