Halaman Pekarangan ‘Disulap’ Warga Motcil Jadi Lahan Perkebunan

Bagikan Artikel Ini:

Tomat salah satu tanaman pangan yang diberdayakan Akbar Damopolii di halaman pekarangan belakang rumahnya di Kelurahan Motoboi Kecil

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kreatifitas akan pemanfataan halaman pekarangan ditunjukkan oleh salah seorang warga Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, yakni Akbar Damopolii.

Lihat saja, halaman pekarangan di belakang rumah Akbar rupanya berhasil dimaksimalkan untuk menjadi lahan perkebunan kecil dengan ditanamnya sejumlah bahan tanaman pangan di tempat itu. “Ini saya lakukan setelah ada beberapa teman yang saya kunjungi rumahnya, kelihatan begitu asri sebab mereka memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan menaman tanaman pangan yang mencapai ratusan bibit,” ujar Akbar.

Akbar menambahkan, ide tersebut pun diperkuat ketika dirinya kerap mengantar ibundanya ke pasar, dan melihat beberapa kebutuhan dapur dengan harga yang sering naik akibat stok kebutuhan pangan di Kotamobagu menipis. “Lahan yang saya manfaatnya ini hanya sekira 10 X 15 meter, tetapi sudah bisa mengisi berbagai jens tanaman seperti cabe merah, dan juga berbagai sayuran seperti kacang panjang, terong, pare, jagung manis, dan juga tomat,” tambahnya.

Hasilnya, kata Akbar dirinya mampu meraup keuntungan ekonomis dari lahan kecil tersebut. “Selain untuk kebutuhan rumah, tetangga di sekitar kompleks pun kerap datang untuk membeli hasil tanaman pangan tersebut untuk dijadikan lauk di rumah mereka,” tuturnya. (fb)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.