HMI Bolmong Raya Tantang Wakil Rakyat Geser Anggaran Perjalanan Dinas Untuk Penanganan Covid-19

Bagikan Artikel Ini:

 

HMI Bolmong Raya

Irwanto Mamonto

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pernyataan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bolmong Selatan, Zulkarnain Kamaru yang menegaskan kalau 11 anggota DPRD dari partai berlambang moncong putih tersebut, siap untuk menggeser anggaran perjalanan dinas mereka, untuk penanganan corona virus disease (covid-19) di wilayah Bolmong Selatan, mendapat perhatian dari aktifitas HMI Bolaang Mongondow Raya.

Lewat Ketua Umum HMI cabang Bolaang Mongondow Raya, Irwanto Mamonto, organisasi tertua di Indonesia tersebut, mengeluarkan tantangan kepada seluruh anggota DPRD atau Wakil Rakyat se Bolaang Mongondow Raya, untuk melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bolsel, yang menggeser anggaran mereka, untuk kepentigan orang banyak, dalam hal ini guna penanganan Covid-19. “Ini demi kemanusiaan. Kita akan melihat sejauh mana kepekaan mereka yang menjadi wakil rakyat, mau mengorbankan anggaran mereka, untuk kepentingan rakyat juga dalam penanganan wabah ini,” ungkap Irwanto.

Irwanto mengatakan, data yang ada pada mereka, hampir seluruh pemerintah daerah di Bolaang Mongondow Raya telah melakukan pergeseran anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk perjalanan dinas para ASN, untuk penanganan wabah covid-19 tersebut. “Untuknya, kami menantang para wakil rakyat yang ada di Bolaang Mongondow Raya melakukan hal serupa. Dengan menggeser anggaran perjalanan dinas mereka, untuk penanganan pencegahan covid-19 ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemkot Kotamobagu sendiri, saat ini tengah memfinalisasi proses pergeseran anggaran di beberapa pos dana yang telah ditata dalam APBD, berkisar Rp15, 4 miliar, untuk proses penangananan covid-19 di wilayah Kotamobagu. Dimana, dari besaran anggaran tersebut, ada sekira Rp2,6 miliar dialokasikan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) paramedis, serta Rp2,1 miliar untuk insentif para petugas medis yang akan berhadapan dengan virus tersebut.

Disisi lain, Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar, mengatakan kalau pihaknya, akan melakukan rasionalisasi perjalanan dinas mereka, yang nantinya diperuntukan pada pencegahan dan penyebaran Covid-19 yang sekarang lagi mewabah di Indonesia. “Terlebih khusus mencegah agar virus yang berbahaya ini tidak menyebar di Bolaang Mongondow Timur. Kami siapkan anggaranya. Ini adalah wujud keprihatinan dari ketua dan seluruh anggota DPRD Boltim,” ucap Fuad. (mg1)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.