Ini Tujuan Digelarnya Seminar Kebudayaan Oleh Disparbud Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

 Seminar Kebudayaan

Moch, Agung Adati ST MSi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Kotamobagu, Jumat (13/12/2019) pagi tadi menggelar seminar kebudayaan yang digelar di Lembah Bening Restaurant Kelurahan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Kepala Disparbud Kota Kotamobagu, Moch. Agung Adati ST MSi dalam kesempatan itu mengatakan, kalau kegiatan tersebut digelar dengan tujuan, untuk menggali kembali nilai-nilai sejarah dan kebudayaan yang hampir punah. “Kita melakukan kegiatan ini dengan tujuan menggali kembali nilai kebudayaan yang hampir punah, untuk kemudian dimunculkan kembali, dan bisa menjadi komoditas pariwisata,” ungkap Agung.

Agung menambahkan, dalam seminar tersebut muncul sejumlah ritual, tarian, maupun symbol penutup kepala, yang selama ini kurang dikenal sebagai warisan leluhur di wilayah mongondow. “Contohnya adala ritual tayok yang dipestaskan tadi, itu merupakan sebuah peninggalan leluhur yang belum lama ini digali kembali, selain itu ada tarian sinondeaga, dan juga symbol ikat kepala,” tambahnya.

Prinsipnya, kata Agung, kegiatan tersebut merupakan upaya mereka, untuk memperkenalkan kepada generasi muda yang ada di Kotamobagu, terkait dengan ragam seni dan budaya di daerah, yang bisa menjadi peninggalan dan warisan berharga untuk generasi mendatang. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.