ADV2

Kepala Sekolah Diminta Ikut Berperan Dalam Penuntasan Pembuatan KIA

Bagikan Artikel Ini:

 

Ilustrasi KIA

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Seluruh Kepala Sekola (Kepsek) yang ada di Kotamobagu diminta untuk bisa ikut mendukung serta berprean aktif dalam program penuntasan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di daerah itu.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu Virginia Olii kepada sejumlah awak media, Kamis (12/09/2019) siang tadi. “KIA ini diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 5-17 tahun. Dimana, di usia tersebut sebagian besar mereka adalah siswa. Tentunya peran Kepala Sekolah disini cukup berarti untuk ikut mensukseskan program pembuatan KIA ini,” ucap Olii.

Olii menambahkan kalau KIA itu sendiri cukup penting bagi para anak. Dimana, selain soal identitas kependudukan yang sah, keberadaan KIA tersebut akan ikut membantu anak dalam memperoleh sejumlah pelayanan dan hak dari pemerintah. “KIA ini juga bisa menjamin akses sarana umum. Lebih dari itu tentu bisa ikut mencegah terkait dengan kasus penculikan anak,” tambahnya.

Untuk saat ini masih kata Olii, dari data yang ada pada mereka masih sekira 22.102 anak yang belum mengurus pembuatan KIA tersebut. “Jumlah anak di Kotamobagu berkisar 33.318 anak, dimana saat ini masih ada sekira 22.102 anak yang 90 persen dari mereka berstatus sebagai siswa di berbagai tingkat kependidikan belum mengurus pembuatan KIA,” tuturnya. (fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.