Lestarikan Budaya Mongondow, Ini Yang Dilakukan Dushubbudparkominfo Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Penyerahan hadiah kepada pemenang dalam acara festival Gambus dan Pantun se Kotamobagu yang digelar Dishubbudparkonminfo

Penyerahan hadiah kepada pemenang dalam acara festival Gambus dan Pantun se Kotamobagu yang digelar Dishubbudparkonminfo

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Upaya untuk melestrarikan adat dan budaya khas Mongondow, terus dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu. Melalui Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubbudparkominfo), Sabtu (05/12/2015) kemarin telah digelar Festival Pantun dan Gambus se – Kota Kotamobagu.

Menurut Ketua panitia pelaksana, Sri Sudarti Gaib, kegiatan yang dilaksanakan di lapangan olahraga Bogani Desa Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan tersebut, merupakan salah satu untuk terus melestarikan seni dan budaya daerah.

“Kegiatan ini juga digelar dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap seni dan budaya daerah, bahkan untuk para peserta yang ikut, harus menggunakan peralatan gambus asli, dan tidak boleh menggunakan alat musik lainnya,” ujar Kabid Kebudayaan Dishubbudparkominfo Kotamobagu tersebut.

Hal senada juga disampaikan Kadis Hubbudparkominfo Moch. Agung Adati, ST, M.Si. menurutnya, dengan perkembangan jaman, saat ini banyak masyarakat khususnya para generasi muda, yang sudah mulai melupakan budaya daerah.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan – kegiatan seperti ini, diharapkan akan membangkitkan kembali semangat dan kecintaan serta keinginan kita semua untuk melestarikan seni dan budaya daerah,” ujar mantan Sekertaris KPU Kota Kotamobagu itu. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.