Pemetaan Disbudpar Kotamobagu, 11 Desa dan Kelurahan Ini Miliki Potensi Pariwisata

Bagikan Artikel Ini:

 

Miliki Potensi Pariwisata

Kepala Disbudpar Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Sekira 11 Desa dan Kelurahan yang ada di Kotamobagu, ternyata menyimpan potensi pariwisata yang jika dikelola dengan lebih teliti dan terarah, akan bisa menjadi  icon masing-masing desa dan kelurahan tersebut.

Hal ini terungkap dari penuturan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta ST MM, seraya mengatakan kalau 11 desa dan kelurahan tersebut, telah dikordinasikan mereka, terkait dengan potensi apa saja yang dimiliki masing-masing desa dan kelurahan. “Belum lama ini, kita menggelar pertemuan dengan 11 Lurah dan Sangadi yang ada, dimana, kita sudah menjelaskan dari hasil pemetaan yang kita lakukan, tentang potensi apa saja yang dimiliki di masing-masing wilayah mereka,” ujar Anki.

Mama Kinan (sapaan akrab Anki Taurina Mokoginta) menambahkan, salah satu contoh desa yang memiliki potensi pariwisata alam, adalah Desa Sia dan Bilalang I. “Di Desa Sia, bukan hanya spot wisata alam saja, tetapi hasil kerajinan sapu ijuk, serta pembuatan gula aren di daerah itu juga bisa dijadikan salah satu potensi wisata ekonomi yang unik, untuk lebih dikenalkan. Di Desa Bilalang I ada sumber mata air panas dan juga sungai buyayit” ungkap Anki

Selain itu, kata Anki di Kelurahan Motoboi Besar dengan kearifan local serta hajatan tahunan hari raya ‘Binarundak’ jika dikelola dengan baik, akan menjadi salah satu icon pariwisata tahunan. “Seperti halnya juga di Motoboi Kecil, Festival Kulipat Tahunan yang sering digulir oleh pemerintah dan masyarakat setempat, bisa menjadi icon tersendiri daerah itu,” tutur Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kotamobagu ini

Untuk Kelurahan Kotobangon dan juga Kobo Besar menyimpan lokasi titik photo pemandangan dengan keunikan tersendiri. “Di Kotobangon, lokasi Bukit Ilongkow itu jika di explore bisa menjadi salah satu spot foto yang menarik, sama dengan Kobo Besar dengan lokasi tugu alat music yang bisa menjadi titik foto yang instagramable juga,” paparnya.

Sementara untuk potensi wisata alam, kata Anki ada di Desa Kobo Kecil dengan icon air terjun Molimpungan serta di Desa Tabang dengan lokasi mata air Kotagatan, menurut Anki bisa menjadi icon pariwisata baru di daerah itu. “ Selain itu ada juga spot pemancingan tepi sungai di Kilo 5 Kelurahan Mongkonai Barat, Makam Raja DC Manoppo di Kelurahan Matali dan makam Loloda Mokoagow di Desa Poyowa Besar,” tutur Ketua TP PKK Kotamobagu ini. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.