Potensi Pertanian di Bungko Bakal Digarap Lewat BUMDes

Bagikan Artikel Ini:

 

Potensi Pertanian

Kautsar Muri Gonibala SE

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Potensi pertanian yang ada di Desa Bungko bakal digarap lewt Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Demikian ditegaskan oleh Sangadi (kepala desa.red) Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kautsar Muri Gonibala kepada awak media, Rabu (19/02/2020) pagi tadi. “Lahan pertanian disini cukup besar. Makanya, kita saat ini tengah melirik untuk memaksimalkan potensi sektor pertanian tersebut, lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah ini,” ucap Muri.
Muri menambahkan, ide untuk menggarap sektor pertanian sebagai salah satu potensi di wilayahnya, lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), muncul dari data yang ada di pemerintah desa, dimana sebagian besar masyarakat di wilayahnya berprofesi sebagai petani. “Rencana kita pemerintah desa untuk menggarap sektor pertanian ini, diharapkan akan ikut membantu perekonomian masyarakat kami juga di wilayah ini, yang profesi mereka, sebagian besar adalah petani,” tambahnya.
Masih menurut Sangadi Milenial ini, pihaknya tengah mengidentifikasi sejumlah kendala dari para petani, agar bisa lebih memaksimalkan produksi pertanian mereka kedepan. “Beberapa diantaranya yang sudag berhasil kami identifikasi, adalah ketersediaan alat mesin pertanian, seperti mesin rontok, dan traktor, yang bila itu tersedia akan lebih mengefisiensikan waktu kerja para petani,” tuturnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.