ADV2

TABUNG GAS LPG DIBAKAR Dihadapan Pjs Walikota Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Simulasi penanganan kebocoran gas rumah tangga oleh Satpol-PP dan Damkar Kotamobagu pagi tadi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGUSejumlah tabung gas LPG, Senin (19/03/2018) dibakar di hadapan Pejabat Sementara (PJs) Walikota Kotamobagu Muhammad Mokoginta. Kejadian tersebut terjadi di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, sebagai bagian dari atraksi yang diperagakan oleh Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) dalam rangka memperingati HUT Satpol-PP dan Satlinmas. “Ini merupakan simulasi terkait dengan penanganan kebocoran gas. Dimana, Apabila ada kebocoran tabung kemudian terjadi nyala api agar semua masyarakat tahu cara penanggulangan. Karena dalam pahaman masyarakat selama ini tabung LPG itu meledak jika ada nyala api, padahal bukan tabungnya yang akan meledak tetapi gas  yang terkumpul di dalam ruangan,” ujar Kepala Bidang Damkar Kotamobagu Erwin Sugeha.

Dirinya menambahkan,  selama ini tidak pernah ada yang namanya tabung gas meledak, “Kalau terjadi ledakan seperti bom itu bukan tabung tetapi gas yang terkumpul di selang regulator atau gas didalam ruangan. Namun gas yang terkumpul itu dia tidak akan menyala jika tidak ada pemicu diantara benda-benda panas seperti korek api yang menyala, api pada rokok dan lainnya,” jelasnya.

Dirinya pun berharap kepada masyarakat ketika terjadi seperti itu, pengendalian pertama menurutnya adalah tidak panic, sehingga proses penanganan bisa dilakukan dengan cepat. “segera periksa selang regulator tabung dan konfor supaya kalau ada kebocoran maka dapat segera teratasi,” imbaunya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.