Waspadai Luka Pada Hewan Kurban Yang Dijual

Bagikan Artikel Ini:

 

Dinkes Kotamobagu saat memeriksa salah satu hewan kurban yang akan dijual

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu meminta kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban agar bisa memeriksa dengan teliti kondisi hewan tersebut sebelum akan dibeli. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Kotamobagu Herman Aray SIP, Selasa (29/08/2017).

“Kami berharap warga yang akan membeli hewan kurban agar bisa memeriksa dengan detail kondisi hewan tersebut, sebelum dibeli, disembelih dan kemudian dibagikan saat hari raya Idul adha mendatang,” ujar Herman.

Herman mengatakan, dari kordinasi yang dilakukan pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada kondisi hewan kurban tersebut, diantaranya adalah kondisi fisik. “Jika ada luka pada hewan yang akan dibeli, sebaiknya dipertimbangkan dengan matang. Sebab, menurut Kepala Dinkes luka tersebut bisa diakibatkan oleh penyakit pada hewan yang tentunya akan berdampak pada manusia yang mengkonsimsi daging hewan itu,” jelasnya.

Meski demikian, Herman mengatakan sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya kondisi fisik hewan kurban seperti itu yang tengah dijual di pasaran. “Kita sudah melakukan pemeriksaan ke seluruh tempat penjualan hewan kurban kemarin,” tutupnya. (mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.