Wawali Nayodo Koerniawan Sebut Pelestarian Budaya Butuh Dukungan Semua Pihak

Bagikan Artikel Ini:

 

Pelestarian Budaya

Tarian Sinondeaga yang ditampilkan dalam Seminar Kebudayaan yang dihadiri oleh Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan

BERITATOTABUAN.COM, KOTAOMOBAGU – Wakil Walikota Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH menegaskan, upaya pelestarian adat dan budaya di Kotamobagu membutuhkan dukungan semua elemen masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Hal itu dikatakan Nayodo saat memberikan sambutan dalam kegiatan Semina Kebudayaan yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Kotamobagu, di Lembah Bening Restaurant, Jumat (13/12/2019) pagi tadi. “Pada hakikatnya, pelestarian adat, seni dan budaya ini bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga membutuhkan dukungan seluruh pihak, termasuk para budayawan yang ada di daerah. Sebab, melestarikan budaya merupakan wujud penghargaan dan kecintaan kita terhadap peninggalan leluhur,” ujar Nayodo.

Dalam kesempatan tersebut, Nayodo pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, agar bisa memberikan dukungan serta memperbarui semangat, untuk menggali seluruh peninggalan adat dan kebudayaan di daerah. “Terutama bagi generasi muda saat ini yang dengan derasnya arus globalisasi, peninggalan-peninggalan adat dan kebudayaan ini mulai terlupakan,” tambahnya.

Kebudayaan, masih kata Nayodo merupakan warisan yang bersifat tak benda, yang ditinggalkan oleh para leluhur, sehingga cukup penting untuk dilakukan pelestarian, agar generasi mendatang bisa mengingat dan mengetahui seluk beluk, serta sejarah kebudayaan di daerah. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.