APK Rusak Diterpa Angin Kencang, KPUD Boltim ‘Galau’

Bagikan Artikel Ini:
Ketua KPUD Boltim, Awaludin Umbola

Ketua KPUD Boltim, Awaludin Umbola

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Kerusakan alat peraga kampanye (APK) akibat cuaca ekstrim angin kencang di wilayah Boltim, ternyata membuat galau Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmong Timur. Betapa tidak, kerusakan APK tersebut ternyata tidak bisa diakomodir kembali perbaikannya melalui anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini dikarenakan jumlah dana hibah yang terbatas disediakan pemerintah daerah dalam APBD Perubahan Boltim 2015.

Ketua KPUD, Awaludin Umbola mengatakan, APK yang bisa dianggarkan kembali hanya spanduk. Jenis baliho terkecuali perbaikannya saja, namun untuk diganti sulit dilakukan karena biayanya cukup tinggi.

“Kita tidak bisa berbuat banyak karena anggaran yang disediakan melalui hibah pemerintah daerah, cukup terbatas. Semua pihak tahu bahwa permintaan KPU setelah berupaya dihemat adalah Rp14,5 miliar, dan sudah diberikan pemda sebesar  10 miliar, Tapi di perubahan anggaran ini, ternyata hanya bisa disediakan Rp1,5 miliar, dan setelah diperhitungkan kembali, paling tinggi kami hanya akan dapat Rp3,5 miliar. Inipun masih akan diupayakan pemda melalui tim anggaran,” ungkap Umbola.

Dia mengakui bahwa tugas pemasangan APK ini diserahkan kepada PPK dan PPS di masing-masing wilayah. Namun ketika ada yang diterpa angin dan rusak, Umbola mengakui kalau PPK dan PPS kesulitan melakukan perbaikan jika kerusakannya parah.

“Ini akibat tugas-tugas PPK dan PPS juga cukup banyak, sehingga mereka punya keterbatasan tenaga untuk perbaikan APK tersebut. Saya kira pihak tim pemenangan pasangan calon tidak ada salahnya membantu kita dalam perbaikan tersebut. Paling tidak kita bisa bersinergi bersama dalam mensukseskan pilkada Boltim ini,” kata Umbola.

Namun begitu, Umbola menegaskan kalau pihak KPUD tidak akan mengijinkan pihak paslon atau tim mereka, mengadakan baliho atau APK sendiri-sendiri, kecuai perbaikan yang sudah ada. Ini dikarenakan peraturan sudah mengikat bahwa pengadaan APK hanya dilakukan KPU.

“Kami tetap akan mengadakan kembali APK, jenis spanduk. Namun untuk baliho kayaknya sulit mengingat keterbatasan anggaran. Kita tetap berupaya semaksimal mungkin,” kata dia.

Seperti diketahui, beberapa titik pemasangan APK oleh KPU dan penyelenggara di bawahnya, mengalami kerusakan. Ini sebab angin yang kencang menerpa wilayah Boltim dua bulan terakhir. Pemasangan baliho pun diimbau untuk tidak terlalu tinggi dari permukaan tanah untuk mengurangi resiko kerusakan. (Sandy Bawoel)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.