Bibit Beras Serayu Bakal ‘Ditarik’ di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Hardi Mokodompit

Hardi Mokodompit

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Keberadaan beras jenis Serayu di pasaran saat ini, diprediksi untuk kedepan bakal hilang. Pasalnya, Dinas Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4KKP) Kotamobagu, lebih memilih untuk menyalirkan bibit benih padi Hibrida yang berskala nasional. “Sebelum kita salurkan bibit tersebut akan dibuat kesepakatan dengan para petani. Sebab, bibit yang akan kami salurkan itu merupakan bibit unggul yang berstandar nasional,” ujar Kepala DP4KKP Kotamobagu, Ir Hardi Mokodompit,

Hardi mengatakan, dengan disalurkannya bibir padi hibrida tersebut maka pemerintah akan mulai menghentikan penyaluran bibit jenis Serayu. “Sejauh ini petani masih mengunggulkan jenis Serayu. Sementara itu bukan bibis unggul secara nasional. Makanya, perlu dibuat semacam sosialiasi dan kesepakatan untuk kita menyalurkan bibit jenis Hibrida ini ke mereka,” jelasnya.

Hardi mengatakan dengan keberadaan bibit jenis Hibrida tersebut, maka produksi pertanian di wilayahnya diprediksi akan semakin meningkat. Pasalnya, bibit tersebut menurut Hardi berasal dari pemerintah pusat. (fitra/jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.