Bolmong Akan Terima Penghargaan Kabupaten Sehat

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk pertama kali berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa yang merupakan penghargaan untuk Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut, terinformasi akan diserahkan langsung oleh pihak Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Selasa 19 November 2019, besok di Ruang Sasana Bakti Praja Gedung Kementerian Dalam Negeri di Jl. Medan Merdeka Utara No.7, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bolmong, dr Sahara Albugis menjelaskan, Penghargaan Swasti Saba terbagi dalam tiga tingkatan. Yakni, tingkat Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan Pengembangan (Wistara). “Program Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pertama atau Tingkat Padapa adalah program yang diikuti Kabupaten Bolmong,” ujar Sahara.

Dijelaskan Sahara, bahwa penilaian kabupaten sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat, serta dukungan sektor terkait. “Untuk indikator penilaian atau verifikasi lapangan berupa sarana prasarana kesehatan, kemudian kesehatan pemukiman penduduk,” kata Sahara.

Sahara menambahkan, masalah kesehatan penyebabnya sangat multi kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat. “Jadi, meski mendapatkan predikat kabupaten sehat, kasus orang sakit, masalah gizi buruk, keracunan, dan lain-lain bukan berarti tidak lagi terjadi. Namun bagaimana penanganan yang memadai dan adanya konsep yang terpadu/terorganisir antara Pemerintah dan masyarakat serta didukung legal aspeknya melalui regulasi di tingkat lokal/kabupaten,” demikian Sahara.

Diketahui, sebelumnya Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah datang melakukan penilaian di Kabupaten Bolmong pada tanggal 18-19 Oktober 2019 kemarin.

Kabupaten Bolaang Mongondow sendiri, masuk Nominasi Kabupaten/Kota Sehat Swasti Saba Padapa 2019 oleh Kementerian Dalam Negeri 2019, bersama 60 Kabupaten Kota yang lolos se-Indonesia. Selain itu, ada 29 Kabupaten/Kota yang akan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan 88 Kabupaten Kota mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.