ADV2

Bolmong Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Kabupaten Bolaang Mongondow berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa, yang diberikan kepada Kabupaten/Kota yang sedang dalam tingkat pemantapan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Selasa (19/11/2019), di ruangan Sasana Bakti Praja Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Jl. Medan Merdeka Utara No.7, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Tarawan Agus Putranto, kepada Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, dr Sahara Albugis.

Dihubungi via seluler usai menghadiri penyerahan penghargaan tersebut, Sahara mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Bolmong dan seluruh stakeholder terkait.

“Karena atas kerja keras bersama, kita telah meraih hasil yang baik untuk tahun 2019 ini sebagai Kabupaten Sehat atau Swasti Saba di tingkat Padapa,” ucap Sahara.

(BACA : Bolmong Akan Terima Penghargaan Kabupaten Sehat)

Meski demikian, Sahara mengakui dengan keberhasilan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa itu, merupakan tantangan bagi Pemkab dan seluruh masyarakat Bolmong di masa mendatang untuk lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

“Ini merupakan tantangan berat yang harus kita hadapi di tahun depan. Namun, kita harus optimis untuk terus meningkatkan penghargaan ini ke tingkat Wiwerda,” tegas Sahara.

Dijelaskan Sahara, penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan dari Kemenkes RI yang telah bekerjasama dengan Kemendagri RI, untuk Kabupaten/Kota Sehat. Adapun tingkat penghargaan ini terbagi dalam tingkat Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan Pengembangan (Wistara).

“Ada 4 Tatanan penilaian untuk naik ketingkat Wiwerda. Yakni, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan kawasan permukiman, tatanan sarana lalu lintas tertib dalam pelayanan transportasi sehat, serta tatanan kawasan pariwisata sehat,” demikian Sahara.

Kabupaten Bolaang Mongondow sendiri, masuk Nominasi Kabupaten/Kota Sehat Swasti Saba Padapa 2019 oleh Kementerian Dalam Negeri 2019, bersama 60 Kabupaten Kota yang lolos se-Indonesia.

Selain itu, ada 29 Kabupaten/Kota yang akan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan 88 Kabupaten Kota mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.