ADV2

Calon Sangadi di Bolmong Deklarasikan Pilsang Damai

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Para Calon Sangadi (Kepala Desa, RED.) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang akan bertarung pada Pemilihan Sangadi (Pilsang) 14 November 2019 mendatang, mendeklarasikan Pilsang damai, Senin (04/11/2019), di halaman Kantor Bupati Bolmong, Lolak.

Deklarasi Damai dalam rangka Pilsang tersebut dirangkaikan dengan Apel Bersama anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Sat Linmas) dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan Pilsang.

Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam sambutannya mengatakan Apel bersama tersebut merupakan respon Pemerintah Kabupaten Bolmong bersama TNI/Polri.

“Terutama yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Bolmong,” ucap Yasti.

Peningkatan intensitas kegiatan politik di tingkat Desa, lanjut Yasti, tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Sehingga, satuan Linmas memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

“Anggota Linmas dituntut untuk berperan aktif, yaitu sebagai pilar utama dan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas pengamanan selama berlangsungnya Pemilihan Sangadi, sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku,” ujar Yasti.

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilihan sangadi tahun 2019, jajaran Sat Linmas diharapkan bekerja sesuai dengan funsi dan tugas pokoknya.

“Melalui pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif, serta mengoptimalkan peran dan fungsi untuk mendukung, bekerjasama dan berkoordinasi dengan jajaran TNI-POLRI,” harap Yasti.

Yasti juga berpesan, agar menjadikan Pilsang sebagai pesta demokrasi, dan bukan sebagai ajang yang membentuk kubu ego masing-masing pendukung calon.

“Kepada para calon sangadi agar mengajak seluruh masyarakat di desa masing masing untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik antar pendukung, dan juga agar bertanggungjawab terhadap pendukung masing-masing, serta dapat mengajak masyarakat untuk melaksanakan pilsang yang berkualitas, aman, dan damai,” pinta Yasti.

Kepada anggota TNI, POLRI, dan SATPOL-PP, Yasti berharap, agar bisa untuk mendukung anggota Linmas yang akan melaksanakan tugas pengamanan.

“Sehingga pelaksanaan Pilsang di 105 desa dapat terlaksana dengan aman, tertib, lancar, dan tetap dalam keadaab kondusif,” demikian Yasti.

Apel bersama tersebut diakhiri dengan penandatanganan bersama pernyataan kesiapan menerima hasil pilsang oleh para calon sangadi. Pernyataan tersebut berisi 6 poin, di mana inti dari poin-poin tersebut adalah kesediaan dari setiap calon untuk menjaga Kamtibmas dalam pelaksanaan pilsang pada 14 November 2019 nanti.

Diketahui, hadir dalam Kegiatan tersebut Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana S.I.K, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani F. Siahaan S.I.K, MH, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono S.Sos, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekretaris Daerah Pemkab Bolmong Tahlis Gallang, serta ASN di lingkup Pemkab Bolmong. (ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.