Capai 139 Ribu Ton, Produksi Beras Bolmong Mampu ‘Hidupi’ 7 Daerah di Sulut

Bagikan Artikel Ini:
Sejumlah petani saat melakukan penggilingan padi

Sejumlah petani saat melakukan penggilingan padi

INFO PEMKAB BOLMONG

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Predikat sebagai daerah lumbung beras kian kukuh di Kabupaten Bolaang Mongondow. Betapa tidak, tahun 2014 ini, wilayah yang dipimpin oleh Bupati Salihi Mokodongan itu, mampu memproduksi sekitar 139 ribu ton beras. Pelak saja, dengan produksi tersebut bisa dikatakan kalau dengan hasil itu Bolaang Mongondow bisa saja ‘menghidupi’ kebutuhan tujuh daerah di Sulawesi Utara.

“Sekitar 46 persen kebutuhan beras di Sulawesi Utara diambil dari Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Taufiq Mokoginta, Selasa (20/01/20015) kemarin.

Untuk kebutuhan di Bolaang Mongondow sendiri, dikatakan Taufiq dari data yang ada pada mereka, daerah itu membutuhkan 60 ribu ton tiap tahunnya.

“Produksi ini akan terus kami tingkatkan dengan pola pendampingan ke petani, agar bisa menggenjot produksi pertanian mereka,” tambahnya.

Taufiq berharap dengan produksi beras yang sebesar itu, bisa ikut mensukseskan program pemerintah pusat dalam rangka swasembada pangan.

“Yang jelas, sebagai wilayah pertanian Bolmong akan ikut berpartisipasi atas program pemerintah dalam hal swasembada pangan,” tutupnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.