Ini 6 Desa dan Kelurahan di Kotamobagu Yang Raih KOTA BISA AWARD

Bagikan Artikel Ini:

 

KOTA BISA AWARD

KOTA BISA AWARD

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, mengumumkan 6 Desa dan Kelurahan di daerah tersebut, menjadi pemenang dan berhak mendapatkan penghargaan Kota BISA (Bersih Indah Sanitasi Aman), sebagaimana penilaian yang telah dilakukan beberapa waktu belakangan, selang tahun 2020 ini.

Dari laman resmi Bappelitbangda Kota Kotamobagu, disebutkan kalau proses penilaian penghargaan Kota BISA tersebut dilakjkan mereka sejak awal tahun 2020 lalu, tepatnya di Bulan Januari. “Penilaian ini sendiri dibagi dalam dua kategori, yakni Kategori Desa dan Kelurahan,” demkian yang tertulis dalam laman resmi Bappelitbangda Kotamobagu itu.

Untuk yang menjadi point penilaian sendiri, dalam laman tersebut dituliskan kalau tim penilai telah melihat sejumlah indokator yang ada di setiap Desa dan Kelurahan di Kotamobagu, sebelum menentukan siapa pemenang dalam lomba tersebut. “Indikator yang jadi penilaian adalah terkai pengelolaan air limbah juga pengelolaan persampahan di setiap desa dan kelurahan, dimana tim penilai berasal dari Pokja Sanitasi Kotamobagu, yang terdiri ari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang terkait langsung dengan sanitasi ini. Selain itu ada juga tim penilai independen dari tenaga ahli di bidang sanitasi,” tambahnya.

Dalam pengumuman itu, untuk kategori Kelurahan dimenangkan oleh Kelurahan Motoboi Kecil yang berhasil meraih juara pertama, kemudian disusul dengan Kelurahan Mongkonai Barat sebagai juara kedua, dan Kelurahan Biga sebagai juara ketiga. Sementara untuk kategori Desa, Pemerintah dan Masyarakat Desa Bilalang I berhasil memposisikan diri sebagai juara pertama, disusul dengan Desa Kopandakan I sebagai juara kedua, dan Desa Sia’ sebagai Juara ketiga. “Kegiatan ini rencananya akan digelar lagi tahun depan, dimana ini penting dan menjadi bagian dari upaya pemerintah menuntaskan target sanitasi yang layak bagi masyarakat,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.