Pencairan Dana Desa Hampir 50 Persen

Bagikan Artikel Ini:
Pencairan Dana Desa Hampir 50 Persen

Kepala Dinas PMD Pemkab Bolmong, Ahmad Yani Damopolii

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Proses pencairan Dana Desa (DD) di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) sudah hampir separuh dari total anggaran.

Hal itu sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Bolmong, Ahmad Yani Damopilii melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Isnaidin Mamonto, Senin (24/08/2020), di Lolak.

“Berdasarkan data dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotamobagu, per tanggal 14 Agustus 2020, DD yang masuk dari RKUN ke RKD sudah 49,99%,” ujar Isnaidin.

Dijelaskan Isnaidin, sisa anggaran DD yang belum masuk ke RKD masih sekitar 50,01 persen dari total pagu anggaran DD tahun ini berjumlah Rp 161.562.494.000,.

“Jadi, berdasarkan data tersebut, DD yang sudah masuk ke RKD berjumlah Rp 80.766.783.150. Sisanya masih dalam proses, mungkin dalam waktu dekat ini sudah ada lagi Desa yang menerima transfer dari RKUN. semua tergantung dari laporan SPJ BLT mereka,” ucap Isnaidin.

Lebih lanjut, dijelaskan Isnaidin, untuk pencairan DD tahap I sudah ada 184 Desa yang mencapai 100 persen, sisanya masih 16 Desa lagi.

“Untuk pencairan DD tahap II itu baru 14 Desa yang 100 persen sisanya masih 186 Desa, sedangkan untuk pencairan DD tahap IIIĀ  belum ada satu desa yang melakukan pencairan,” demikian Isnaidin. (udi)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.